Jenis Bahan Kain Jas Almamater

Jenis Kain Jas Almamater

Galerikonveksi51.com – Jenis Kain Jas Almamater sebenarnya memiliki karakteristik bahan yang sama untuk membuat blazer. Dikatakan demikian dikarenakan penyebutan seragam blazer akademik ini dikenal umum dengan istilah jas almamater. Seiring perkembangan waktu, maka jenis kain jas almamater memiliki daftar bahan tersendiri yang umum digunakan.

Pengertian jas almamater adalah pakaian sejenis blazer yang digunakan sebagai seragam dan biasanya di bagian dada kiri depan diberi lambang sekolah atau organisasi serta dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Berbagai jenis kain jas almamater yang dapat digunakan sangatlah beragam. Untuk memperoleh hasil yang baik, maka jenis kain jas almamater haruslah disesuaikan dengan model blazer yang akan dibuat. Dengan tersedianya berbagai jenis kain jas almamater, tentu akan membingungkan ketika menentukan bahan yang akan digunakan. Bila tidak sesuai dengan modelnya, akan mengakibatkan jenis kain jas almamater yang dipilih tidak mendapatkan “kesan” sesuai yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil jas almamater yang bagus, mari kita simak ulasan mengenai jenis kain jas almamater.

Jenis Kain Jas Almamater

Berikut ini adalah jenis kain jas almamater yang biasa digunakan

– Kain Drill

  • American Drill ( #1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill, Verlando, Ventura ),
  • Japan Drill ( 2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu, Nagata Drill, Verlando Japan, Taipan Drill ),
  • Hisofy Drill.

– Kain Taipan Tropical,
– Kain Oxford,
– Kain High Twist ( Intercooler ),
– Kain Twill.

Jenis Kain Drill

Kain Drill adalah bahan yang memiliki serat dengan garis-garis miring nge-drill. Jenis Kain Drill umumnya merupakan campuran antara bahan cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal.

Secara Garis Besar Kain Drill Terbagi Menjadi :

Jenis Kain American Drill

Kain American Drill adalah bahan yang memiliki serat sedang dan memiliki karakteristik permukaan kain yang lembut dengan tekstur yang halus. Jenis Kain American Drill terbuat dari bahan katun dan polyester, serta dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman saat digunakan.

Jenis Kain Japan Drill

Kain Japan Drill adalah jenis Kain Drill yang memiliki serat besar dengan komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai. Jenis kain Japan Drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis Kain Drill lainnya. Jenis Bahan Japan Drill merupakan kain yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya direkomendasikan untuk jenis seragam lapangan.

Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan nagata drill untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstur untuk bahan ini adalah terlihat dari garis benang yang jelas.

Jenis Kain Nagata Drill

Kain Nagata Drill adalah jenis kain yang termasuk ke dalam kategori bahan Japan Drill. Jenis Kain Nagata Drill merupakan bahan Japan Drill yang paling disukai karena memiliki komposisi bahan katun lebih banyak dan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan Kain Japan Drill lainnya yang memiliki lebih banyak kandungan polyester.

Jenis Kain Taipan Drill

Kain Taipan Drill adalah jenis Kain Drill yang terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron. Jenis kain ini memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah kusut serta memiliki permukaan yang halus. Seperti jenis Kain Drill lainnya, kain Taipan Drill juga dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman untuk digunakan. Contoh penggunaaan dari jenis kain ini adalah pada baju seragam pemerintahan ( PNS ) dengan warna yang umum digunakan adalah Cokelat Khaki.

Jenis Kain Hisofy Drill

Kain Hisofy Drill adalah bahan yang terbuat dari campuran katun dan polyester, dengan komposisi katun lebih banyak. Karakteristik jenis Kain Hisofy Drill adem dan mudah untuk menyerap keringat dan nyaman dikenakan. Bahan Hisofy Drill dari segi tekstur hampir sama dengan nagata drill, bahkan mungkin sulit dibedakan ketika bahan sudah dicuci. Bila dibandingkan bahan nagata Drill, maka hisofy drill lebih lemas dan lembut karena kandungan katunnya lebih banyak dibandingkan dengan nagata drill. Jenis Bahan Hisofy Drill ini memiliki kualitas di atas nagata drill dan american drill serta memiliki +/- 50 pilihan warna.

Jenis Kain Oxford

Kain Oxford memiliki spesifikasi bahan yang teksturnya rata tidak seperti Kain Drill. Jalinan benang-benang pintalan kainnya terdiri dari semacam jalinan titik-titik seperti pixel dalam resolusi gambar. Secara umum lebih tipis dari Kain Drill. Semakin banyak komposisi bahan cottonnya seperti pada Kain Japan Tropical, maka semakin nyaman dipakai. Biasanya bahan ini sering digunakan pada kemeja di Factory Outlet.
Beberapa merek bahan Oxford antara lain :
Taipan Tropical, Maryland, Sari Warna.

Jenis Kain Taipan Tropical

Kain Taipan Tropical adalah bahan yang merupakan campuran komposisi polyester dan cotton, dengan perbandingan lebih besar kandungan cotton, sehingga bila dipakai tetap dingin. Jenis kain untuk seragam ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dan bahannya lebih halus.
Beberapa merek bahan Tropical :
Taipan Tropical, Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop dan sebagainya.

Jenis Kain High Twist

Kain High Twist adalah jenis bahan yang terlihat mengkilap dan rapih, biasanya digunakan untuk bahan pembuatan jaket, jas, semi jas, blazer dan celana. Namun bahan ini sedikit panas dikarenakan mengandung bahan sintetis. Kain High Twist terdiri dari berbagai nama, merek dan kualitas. GaleriKonveksi51 sendiri sering menggunakan merek Intercooler. Untuk pilihan lainnya seperti Maxi Style, Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Staff, Serasi dan lainnya.

Jenis Kain Twill

Kain Twill adalah bahan yang memiliki spesifikasi permukaan kain berserat garis-garis miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis Kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun Bahan Twill agak panas bila digunakan.

Berikut adalah informasi singkat mengenai jenis kain jas almamater. Bila anda membutuhkan jasa pembuatan Jas Almamater silahkan untuk melihat Konveksi Jas Almamater kami.
Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *