Jenis Bahan Kain Toga Wisuda

Jenis Kain Toga
Galerikonveksi51.com – Jenis kain toga untuk bahan baju wisuda sarjana, pengacara atau advocat memiliki karakteristik berbeda dengan jubah (tunik) lainnya. Pada umumnya yang termasuk ke dalam jenis bahan toga terbuat dari wol sedangkan tunik biasanya terbuat dari linen. Baju toga biasanya dikenakan pada acara-acara seremonial seperti wisuda atau persidangan dan tunik dikenakan sebagai pakaian biasa. Oleh karena itu jenis kain toga memiliki ciri khas bahan tertentu yang berbeda dengan tunik.

Model Baju Toga

Bila kita perhatikan pakaian yang dikenal dengan baju toga menjulur panjang ke bawah. Bentuk baju toga ini dimulai dari dada, menutupi lengan dan menjulur sampai lutut. Secara umum pemakaian baju toga biasanya dikenakan pada acara, seperti :

  1. Wisuda Sarjana
    Contoh toga yang dikenakan pada acara wisuda, yaitu baju toga rektor, baju toga guru besar dan untuk yang dikenakan mahasiswa dikenal sebagai baju toga wisuda sarjana.
  2. Persidangan / Pengadilan
    Contoh toga yang dikenakan pada acara persidangan, yaitu baju toga pengacara, baju toga advocat dan baju toga hakim.
  3. Seremonial
    Contoh toga yang dikenakan seperti pada acara keagamaan yaitu baju toga pendeta.

Pengertian Baju Toga

Pengertian baju toga adalah pakaian jubah dengan kain yang menutupi seluruh dada, bahu punggung, berlengan panjang dan menjulur sampai di sekitar lutut. Baju ini biasanya dikenakan setelah mengenakan tunik (pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung).

Sedangkan arti baju toga wisuda adalah jubah yang digunakan pada saat acara seremonial akademik yang biasanya digunakan pada saat kelulusan wisuda sarjana atau wisuda sekolah. Baju toga wisuda ini biasanya digunakan oleh universitas atau perguruan tinggi dan sekolah-sekolah maupun PAUD.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis kain toga wisuda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis kain toga wisuda ini dikenakan pada acara kelulusan sehingga modelnya dapat berupa baju toga wisuda sarjana, baju toga sekolah, baju toga anak ( TK / PAUD ). Untuk mengetahui karakteristik jenis kain toga wisuda mari kita simak ulasan berikut ini.

Jenis Kain Toga Wisuda

Biasanya bahan yang termasuk ke dalam jenis kain toga wisuda adalah :

  1. Bestway,
  2. Saten / Satin,
  3. Tessa,
  4. Beludru.

Kain Bestway

Jenis kain Bestway atau new best way airmaxx adalah bahan kain tekstil yang diciptakan menggunakan teknik tenun khusus inovasi textileone dengan mesin AIRJET untuk memenuhi kebutuhan pakaian kerja sehari-hari. Oleh beberapa desainer baju, kain ini biasa dimanfaatkan untuk membuat pakaian kerja, seragam perusahaan dan pakaian dinas harian.

Kain bestway memiliki karaktersitik bahan yang lembut, dingin dan trendy sehingga mampu memberikan kenyamanan optimal bagi tubuh pemakainya. Tidak mengherankan jika kemudian kain ini menjadi pilihan terbaik untuk membuat seragam kerja hingga desain baju lainnya. Selain difungsikan untuk membuat seragam dinas, bahan best way juga bisa digunakan untuk membuat baju toga wisuda untuk berbagai perguruan tinggi. Bahkan sejak tahun 2012 bahan kain best way telah ditetapkan sebagai seragam standar seluruh kementrian kesehatan.

Kain Satin

Jenis kain Satin atau Saten adalah bahan memiliki ciri khas permukaan kain yang mengkilap dan licin. Bahan Satin dan bahan sutra memiliki ciri khas yang hampir mirip tetapi menggunakan serat yang berbeda. Sehingga meskipun keduanya terasa lembut di kulit, bahan satin memiliki memiliki permukaan yang lebih licin dibanding dengan bahan sutera. Kedua bahan tersebut menimbulkan efek mewah dan elegan. Karena proses pembuatan kain satin lebih mudah dibanding dengan kain sutera yang tergantung dari peternakan ulat sutera, otomatis harga kain satin lebih terjangkau.

Bahan satin biasanya digunakan untuk membuat jubah toga, gaun, lingerie, jaket baseball, celana olahraga, kemeja, dasi, tas dan sepatu.

Kain Tessa

Jenis kain Tessa adalah bahan yang memiliki tekstur kain yang cukup halus. Kainnya juga tebal dan tidak mudah kusut. Jenis bahan Tessa digunakan untuk membuat jaket-jaket semi jas dengan harga serta kualitasnya yang berada di bawah jas.

Kain Beludru

Kain Beludru dikenal juga sebagai kain velvet adalah jenis kain tenun tafting (berumbai) dengan struktur yang sangat halus dan rata, sehingga tekstur dan permukaan kain terlihat berkilau dan lembut seperti perpaduan dari sifat kain sutera dan wol. Kain beludru atau kain velvet ini adalah kain lembut yang terbuat dari sutra, rayon atau nylon dengan ciri bahan seperti tumpukan bulu yang sangat halus, mulus padat dan lembut seperti bulu kucing, beruang dan lain-lain. Kemudian dikembangkan lagi ke bahan-bahan lainnya, seperti viscose dan polyester.

Awalnya beludru atau velvet pertama kali muncul terbuat dari serat sutra. Tetapi pada saat persediaan serat sutra menipis, maka para pemintal mulai beralih ke serat-serat lainnya yang mudah didapat, seperti rayon dan katun (14%-18% sutra dan sisanya rayon). Sedangkan velvet yang 100% sutra sudah sangat susah untuk ditemukan, kalau pun ada pasti sangat mahal harganya. Motif-motif bahan velvet pun sudah beragam, ada yang garis-garis sampai kotak-kotak.

Velvet pun bisa dibuat di atas bahan yang mengandung karet atau stretch karena semakin canggihnya alat. Stretch velvet ini dapat mengikuti lekuk bentuk tubuh sehingga nyaris sempurna. Banyak busana-busana mewah dan kebaya memakai bahan stretch velvet supaya terlihat seksi karena velvet bisa mengikuti bentuk tubuh. Lebih banyak helai benang yang dipakai akan menciptakan velvet yang tebal sehingga akan menambah tinggi harga jualnya. Terlebih lagi bila ada aplikasi di atasnya seperti brokat atau bordir, harganya akan bertambah mahal.

Bahan velvet tak hanya tebal, namun ada juga yang tipis. Velvet tipis lebih mudah dijahitnya dibandingkan dengan yang tebal. Terlebih lagi bila kita ingin membuat busana pesta dan kebaya.

Biasanya untuk jubah pada baju toga wisuda dilengkapi dengan perlengkapan wisuda.

Nama-nama perlengkapan wisuda

  • Topi wisuda,
  • Sleber / Kragh / Teratai / Kerah Wisuda,
  • Medali / Liontin / Gordon Wisuda,
  • Samir / Slayer / Tali / Kalung Wisuda,
  • Tabung wisuda,
  • Map wisuda.

Bila anda ingin mengetahui karakteristik bahannya bisa dilihat di Perlengkapan Wisuda.

Berikut adalah ulasan singkat mengenai karakteristik dari jenis kain toga wisuda. Untuk anda yang ingin membuat baju toga wisuda silahkan untuk mengunjungi Konveksi Toga Wisuda.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *