Jenis Bahan Kain Wearpack

Jenis Kain Wearpack

Galerikonveksi51.com – Jenis kain wearpack untuk bahan pembuatan baju model safety, bengkel atau coverall harus disesuaikan desain yang akan dipakai. Dikarenakan pakaian ini memiliki fungsi sebagai pengaman yang jika pemilihan jenis kain wearpack tersebut tidak sesuai dengan aktivitasnya, akan mengakibatkan kehilangan fungsinya. Berbagai jenis kain wearpack yang dapat digunakan, memiliki karakteristik bahan tertentu.

Pengertian Wearpack adalah pakaian yang digunakan sebagai pengaman atau pelindung tubuh untuk meminimalisir dampak atau resiko dari aktivitas pekerjaan yang dilakukan. Agar fungsi dari baju ini bisa maksimal, mari kita bahas jenis kain wearpack beserta karakteristik bahannya.

Jenis Kain Wearpack

Jenis bahan wearpack biasanya disesuaikan dengan model desain baju wearpack tersebut. Berikut adalah jenis jenis kain wearpack yang biasa digunakan.

– Kain Drill :

  • American Drill ( #1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill, Verlando, Ventura),
  • Japan Drill ( 2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu, Nagata Drill, Verlando Japan, Taipan Drill ).

– Twill,
– Taipan Tropical,
– Kanvas / Baby Canvas,
– Raphael.

Karakteristik Jenis Kain Wearpack

Jenis Kain Drill

Kain Drill adalah bahan yang memiliki serat dengan garis-garis miring nge-drill. Jenis Kain Drill umumnya merupakan campuran antara bahan cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal.
Secara Garis Besar Kain Drill Terbagi Menjadi  :

Jenis Kain American Drill

Kain American Drill adalah bahan yang memiliki serat sedang dan memiliki karakteristik permukaan kain yang lembut dengan tekstur yang halus. Jenis Kain American Drill terbuat dari bahan katun dan polyester, serta dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman saat digunakan.

Jenis Kain Japan Drill

Kain Japan Drill adalah jenis Kain Drill yang memiliki serat besar dengan komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai. Jenis kain Japan Drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis Kain Drill lainnya. Jenis Bahan Japan Drill merupakan kain yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya direkomendasikan untuk jenis seragam lapangan.

Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan nagata drill untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstur untuk bahan ini adalah terlihat dari garis benang yang jelas.

Jenis Kain Nagata Drill

Kain Nagata Drill adalah jenis kain yang termasuk ke dalam kategori bahan Japan Drill. Jenis Kain Nagata Drill merupakan bahan Japan Drill yang paling disukai karena memiliki komposisi bahan katun lebih banyak dan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan Kain Japan Drill lainnya yang memiliki lebih banyak kandungan polyester.

Jenis Kain Taipan Drill

Kain Taipan Drill adalah jenis Kain Drill yang terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron. Jenis kain ini memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah kusut serta memiliki permukaan yang halus. Seperti jenis Kain Drill lainnya, kain Taipan Drill juga dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman untuk digunakan. Contoh penggunaaan dari jenis kain ini adalah pada baju seragam pemerintahan ( PNS ) dengan warna yang umum digunakan adalah Cokelat Khaki.

Jenis Kain Taipan Tropical

Kain Taipan Tropical adalah bahan yang merupakan campuran komposisi polyester dan cotton, dengan perbandingan lebih besar kandungan cotton, sehingga bila dipakai tetap dingin. Jenis kain untuk seragam ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dan bahannya lebih halus.
Beberapa merek bahan Tropical :
Taipan Tropical, Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop dan sebagainya.

Jenis Kain Twill

Kain Twill adalah bahan yang memiliki spesifikasi permukaan kain berserat garis-garis miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis Kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun Bahan Twill agak panas bila digunakan.

Jenis Kain Kanvas

Kain Kanvas adalah bahan yang memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya dipergunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal. Untuk di pasaran jenis kain kanvas yang cukup tebal tapi masih nyaman dipakai sebagai pakaian adalah kanvas marsoto, kanvas oxford. Ketebalan kain menentukan penggunaannya apakah untuk kemeja ataupun jaket. Tersedia juga jenis kain kanvas ripstop dengan variasi guratan kotak kotak di permukaannya. sering di gunakan untuk kemeja-kemeja army karena nampak kuat dan kokoh untuk kemeja lapangan.

Jenis Kain Raphael

Kain Raphael adalah bahan yang memiliki serat lebih besar daripada Japan Drill. Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut.

Model Wearpack

Biasanya wearpack ini adalah pakaian safety yang digunakan untuk menutupi seluruh anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Terdiri dari pelindung kepala (helmet), pakaian penutup badan dan sepatu (boots). Untuk model dari baju atasan sendiri dapat berupa lengan panjang ataupun pendek.

Model Wearpack ini secara umum terbagi menjadi :

  • Coverall (One Piece Wearpack),
  • Two Piece Wearpack ( baju wearpack pendek dan celana panjang ).

Model Wearpack
Secara kegunaan atau fungsi dan model baju wearpack dibagi lagi menjadi coverall safety dan wearpack biasa. Perbedaan bisa terlihat pada desain baju wearpack di bagian pinggang, ada yang hanya menggunakan bahan elastis dan juga dengan tambahan ban pinggang yang bisa disesuaikan (diperbesar atau diperkecil). Desain weapack yang menjadi perbedaan lainnya terdapat pada model jumlah saku dan resleting, serta penambahan variasi lain seperti tempat pulpen, gantungan untuk ID card serta topi atau penutup kepala (hooded coverall) dan lain-lain. Juga dapat ditambahkan aplikasi desain wearpack tambahan seperti furing, reflector, scotlight dan lainnya.

Baju wearpack digunakan oleh berbagai profesi khusus dengan tingkat resiko pekerjaan yang tinggi dan membutuhkan alat pengamanan khusus. Seperti terlihat pada contoh seragam wearpack pekerja tambang, pekerjaan outdoor ataupun pekerjaan lainnya yang memiliki tingkat resiko tinggi. Jenis pakaian ini dapat digunakan sebagai baju wearpack wanita maupun pria, tentunya dengan ukuran yang disesuaikan

Wearpack pun banyak digunakan oleh profesi yang membutuhkan kepraktisan atau efisiensi dalam melakukan pekerjaannya, seperti teknisi, mekanik dan pekerjaan yang sejenis. Bisa juga digunakan oleh anak-anak sekolah, kejuruan / SMK, universitas / perguruan tinggi, yang diwajibkan untuk menggunakan pakaian wearpack. Hal ini terlihat pada desain wearpack SMK dimana biasanya terdapat model khusus yang disesuaikan untuk bidang studi pelajaran praktek.

Demikianlah informasi singkat mengenai jenis kain wearpack dan jenis modelnya. Bila anda membutuhkan jasa pembuatan Wearpack silahkan untuk mengunjungi Konveksi Wearpack.
Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *