Jenis Jenis Jaket

Jenis Jenis Jaket

Galerikonveksi51.com – Jenis jenis jaket memiliki ragam model dengan nama, karakteristik dan fungsi yang berbeda. Macam macam bahan pun menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya nama jenis jenis jaket. Selain itu, dunia fashion turut berperan dengan selalu mengeluarkan model terbaru untuk jenis jenis jaket wanita maupun pria.

Banyak jenis jenis model jaket yang sering dikenakan, baik dari model terbaru sampai jaket klasik. Untuk yang ingin mengetahui tentang model-model jaket atau memiliki hobi koleksi jaket maupun ingin membuat jaket, tidak ada salahnya untuk menambah wawasan mengenai jenis model jaket.

Jenis Jenis Jaket

Ada karakteristik jenis jaket yang hanya bisa digunakan pada cuaca tertentu saja. Akan terasa aneh bila jenis jaket tersebut digunakan ketika panas menyengat. Hal ini dikarenakan jaket pada mulanya dikenakan dengan fungsi sebagai pakaian luar untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dingin. Tetapi sekarang ini muncul berbagai macam jenis jaket sebagai tren fashion.

Trend Jaket

Dengan berkembangnya industri tekstil, macam-macam model jaket pria dan wanita terus bertambah seiring dengan perkembangan tren fashion. Bila kita ingin mengetahui macam-macam jaket trend jaman sekarang caranya mudah, cukup dengan melihat model jaket terbaru yang digunakan para selebriti dunia. Contohnya ketika booming jenis jaket bomber, model tersebut digunakan oleh selebriti yang menjadi trendsetter fashion dunia.

Salah satu buktinya adalah Google yang setiap tahunnya merilis laporan “Fashion Trend” mereka berdasarkan kata kunci, “Bomber Jacket” adalah kata kunci yang paling dicari. Wow !! Di Negara Inggris, angka pencarian jaket bomber meningkat hingga 297 persen. Fantastisnya di Amerika, angka pencarian bahkan mencapai 612 persen !! Bukan hanya di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia Jaket Bomber ini menjadi “Fashion Trend of The Year”.

Jenis Jaket Bomber

source: thefashionisto.com

Mau tahu siapa trendsetter dunia yang menjadi “influencer” Jaket Bomber ini ?? Mereka adalah Kanye West dan David Beckham. Dua artis tersebut menjadi fenomel di dunia fashion pria dikarenakan memiliki Brand Fashion sendiri dan sering mengeluarkan macam-macam jaket keren. Bahkan selebriti sekelas Brooklyn Beckham, Kendal Jenner dan Rihanna pun memakai bomber jacket sebagai daily outfit mereka.

Selain jenis jaket tersebut, terdapat pula berbagai model jaket yang tidak lekang oleh waktu. Salah satunya adalah jenis jaket parasut, yang sebenarnya merupakan nama bahan yang populer menjadi nama jaket. Bila kita kategorikan dari jenis bahan jaket, maka model jaket bomber pun termasuk ke dalam kategori jaket parasut. Bingung ?? Baca disini mengenai jenis kain jaket.

Untuk mengenal lebih jauh, mari kita simak jenis jenis jaket dan gambarnya.

Jenis Jaket Bomber

Jaket Bomber G1 Tom Cruise Top Gun

source: tattwa.pl

Jaket Bomber adalah sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk pilot militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom dan sekarang telah menjadi “pop culture” dengan istilah Bomber Jacket. Jaket ini memiliki ciri khas kantung kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri. Jenis jaket bomber ini pertama kali populer ketika era Film “Top Gun”, tahu kan film yang dibintangi oleh “aktor tampan” Tom Cruise, yang plotnya menceritakan tentang kisah percintaan seorang pilot bersama seorang wanita cantik.. walah cinta lagi, cinta lagi.. skip skip !! back to topic..
Nah akibat melejitnya film tersebut di BOX Office, meningkatkan juga penjualan komersil dari jaket bomber ini dan menjadi fashion tren ketika itu.

Jenis Jaket Parka

Jaket Parka Anorak Kaum Inuit Eskimo

source: en.wikipedia.org/wiki/Parka author: George R. King

Jaket Parka adalah sebuah jaket atau anorak (jas tahan angin dan air) dengan jenis mantel disertai tudung penutup kepala (hoodie), sering dilapisi dengan bulu atau bulu palsu. Tudung ini berfungsi untuk melindungi wajah dari suhu yang sangat dingin dan angin.

Jenis Jenis Jaket Parka

Jenis Jaket Parka Snorkel

Jenis Jaket Parka Snorkel

source: en.wikipedia.org/wiki/Parka author: Spuggie

Jaket Parka Snorkel mendapatkan popularitas di Eropa pada akhir Tahun 1990 dan awal Tahun 2000-an. Sekitar tahun 2004, Jaket Parka Snorkel menjadi jaket fashion mainstream yang populer pada komunitas indie. Di Jerman jaket parka snorkel sangat populer dengan budaya Hip Hop yang dapat digunakan oleh pria dan wanita serta diasosiasikan dengan Budaya Indie Pop.

Jenis Jaket Parka Fishtail

Jenis Jaket Parka Fishtail

source: flickr.com/photos/22017657@N05/3617143032 author: vagueonthehow

Di Inggris pada Tahun 1960-an, Jenis Jaket Parka Fishtail menjadi simbol budaya “Mod”. Dikarenakan dari fungsinya dengan harga terjangkau dan ketersediaannya yang banyak di toko-toko militer, jaket parka menjadi pilihan pakaian ideal untuk melindungi dari debu oleh kaum Mod yang menggunakan skuter. Jaket parka menjadi budaya populer yang diyakini dengan ditampilkannya gambar jaket ini oleh surat kabar selama “Bank Holiday riots” pada tahun 1960-an.

Jenis Jaket Cagoule

Jaket Cagoule adalah istilah bahasa Inggris Britania untuk jas hujan tahan cuaca atau jaket anorak atau parka ringan yang biasanya tanpa lapisan dan terkadang memiliki panjang selutut. Jaket Cagoule memiliki tudung bulat dengan tali elastis dan resleting pendek di leher, serta biasanya memiliki kantung di bagian perut.

Seperti jaket parka anorak aslinya, Jaket Cagoule tidak terbuka sepenuhnya di depan dan harus ditarik ke atas kepala. Dalam beberapa versi jaket cagoule, tudung dapat berfungsi sebagai tas untuk memasukkan bagian jaket yang digulung. Jenis jaket cagoule yang bisa digulung dan dilipat serta dibawa dalam tas atau saku diciptakan oleh Noel Bibby dari Peter Badai Ltd pada awal tahun 1960-an.

Jenis Jaket Cagoule

source: weirdfish.global.ssl.fastly.net

Jenis jaket cagoule disebut juga “Fisherman Jacket” karena banyak di pakai oleh nelayan di wilayah eropa. Jaket cagoule sangat populer di Inggris selama tahun 1970-an dan populer di kalangan para Hooligan, karena Film “Awaydays” yang bercerita tentang hooligan.
Jaket cagoule ini di Amerika termasuk ke dalam jaket windbreaker sedangkan di Australia termasuk ke dalam parka.

Jenis Jaket Harrington

Jenis Jaket Harrington

source: jamesbondlifestyle.com

Jaket Harrington adalah sebuah jaket ringan, berukuran sepinggang yang terbuat dari bahan katun, polyester, wol atau suede. Desainnya sering menggabungkan flanel tradisional atau lapisan bermotif kotak-kotak. Nama ‘harrington’ diambil dari karakter Rodney Harrington dalam opera sabun “Peyton Place” pada Tahun 1960-an. Jenis jaket harrington dipopulerkan pada Tahun 1958 oleh Elvis Presley dalam film “King Creole”. Dan pada Tahun 1960-an, jaket harrington menjadi fashion di Inggris di antara komunitas “Mod” dan “Skinhead”, serta terus berlanjut di akhir tahun 1970 dan awal Tahun 1980-an.

Jenis Jaket Varsity

Jaket Varsity adalah istilah untuk jaket yang digunakan oleh seorang letterman dimana pengertiannya dalam aktivitas atau olahraga Amerika, yaitu siswa SMA atau perguruan tinggi yang telah memenuhi tingkat tertentu dalam partisipasi atau kinerja pada tim universitas.

Jenis Jaket Varsity

source: coolspotters.com

Jaket letterman adalah sebuah jaket yang biasanya digunakan oleh siswa SMA dan perguruan tinggi sebagai identitas sekolah dan tim kebanggaan, serta untuk menunjukkan peraihan prestasi atletik. Jaket letterman sering disebut sebagai Jaket Varsity atau Jaket Baseball dalam referensi budaya Amerika.

Jaket Varsity biasanya dibuat dengan bahan sejenis wool pada bagian tubuh dan leather (kulit luar) di bagian lengan dan pinggangnya dengan warna yang berbeda. Jaket varsity awalnya dipopulerkan oleh tim baseball Universitas Harvard pada tahun 1865.

Jenis Jaket Windbreaker

Jenis Jaket Windbreaker

source: zumiez.com

Jaket Windbreaker adalah sebuah jaket windcheater yaitu versi lebih tipis dari jaket yang dirancang untuk menahan angin dingin dan hujan gerimis. Biasanya dibuat dari bahan sederhana dan sekarang ini karakteristiknya terbuat dari bahan-bahan sintetis. Jenis jaket windbreaker sering terdapat tali elastis yang berada pada pinggang, pergelangan tangan dan resleting untuk bisa disesuaikan dalam cuaca tertentu. Jaket windbreaker pun terkadang bisa memiliki tudung yang bisa dilepaskan. Berbagai model jaket windbreaker adalah jaket windrunner dan coach jacket.

Coach Jacket

Jenis Coaches Jacket

source: zumiez.com

Jenis Coach jacket adalah sebuah jaket windbreaker dengan ciri khas karet di pergelangan tangannya dan biasanya berkerah. Jaket ini menjadi populer ketika sering dikenakan oleh para pelatih dari berbagai cabang olahraga.

Jenis Jaket Windrunner

Jenis Jaket Windrunner

source: famewatcher.com

Jaket Windrunner adalah sebuah jaket berbahan kain parasut tipis yang memiliki tali pada bagian tudungnya. Jenis jaket windrunner biasanya digunakan untuk olahraga ringan seperti lari, namun cocok juga digunakan sebagai fashion.

Jenis Jaket Track Top

Jenis Jaket Track Top

source: stylebistro.com

Jenis jaket track top disebut juga jaket training atau istilah lainnya track suit adalah sebuah jenis jaket sport yang dikenakan ketika berlatih olahraga dan identik dengan aktivitas olahraga. Jenis jaket track top sering digunakan para atlit baik untuk berlatih, maupun dalam aktivitas sehari-hari. Jaket Track Top ini populer di Inggris dengan nuansa musik British dan digunakan para personil band seperti Blur, Oasis, Arctic Monkey dan lainnya.

Jenis Jaket Sukajan

Jenis Jaket Sukajan

source: starstyleman.com

Jaket Sukajan adalah sebuah jaket dengan model yang menyerupai jaket varsity, namun memiliki bordir manual khas Jepang dengan warnanya yang rata-rata menyala.

Jenis Jaket Kulit

Jenis Jaket Kulit

source: pinterest.com

Jaket kulit adalah sebuah jaket yang berbahan dasar kulit, baik terbuat dari leather atau suede, maupun kulit sintetis. Jenis jaket kulit dipopulerkan oleh berbagai artis Hollywood sekitar Tahun 1940 dan 1950-an, termasuk artis Jimmy Stewart dalam Film Night Passage (1957) dan Harrison Ford dalam Film Indiana Jones. Jaket kulit juga identik dengan para rider motor, baik moge maupun sport.

Jenis Jaket Denim

Jenis Jaket Denim

source: gq.com

Jaket denim adalah sebuah model jaket yang terbuat dari bahan jeans dan memiliki ciri khas kancing di bagian penutup bukaan badan dan lengan yang memiliki panjang ukuran sebatas pinggang. Jenis jaket denim ini termasuk ke dalam fashion casual.

Jenis Jaket Outdoor

Jenis Jaket Outdoor

source: mpora.com

Jaket outdoor adalah sebuah model jaket yang digunakan di alam terbuka dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai aktivitas di alam. Jenis jaket outdoor ini di desain dengan beragam fungsi untuk mendukung kegiatan di alam terbuka. Seperti contohnya terdapat lapisan luar yang kedap udara, air, api dan memiliki bahan tebal dan kuat. Jaket ini populer di kalangan para pendaki gunung, snowboarding, ski dan berbagai macam aktivitas alam lainnya.

Jenis Jaket Touring

Jenis Jaket Touring

source: totalmotorcycle.com

Jaket Touring adalah sebuah model jaket motor yang dikenakan oleh para rider motor yang di desain khusus dengan fungsi untuk melindungi tubuh dari angin dan resiko-resiko berkendara. Jenis jaket touring banyak digunakan oleh klub-klub motor.

Demikian ulasan singkat mengenai jenis jenis jaket. Semoga dapat menambah wawasan anda. Untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan jaket silahkan kunjungi Konveksi Jaket.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *