Jenis Jenis Topi

Jenis Jenis Topi
Galerikonveksi51.com – Jenis jenis topi memiliki macam-macam model yang terkadang terdapat kemiripan ragam dengan nama yang berbeda. Untuk istilah penyebutan nama jenis jenis topi pun bisa berbeda di beberapa daerah. Dikarenakan ragam jenis topi terkadang memiliki kemiripan, maka untuk membedakan satu dengan yang lainnya dibutuhkan pengetahuan tentang nama nama topi dan gambarnya.

Topi adalah suatu jenis penutup kepala yang berfungsi untuk melindungi kepala dari panas terik matahari ataupun udara dingin, serta dapat dijadikan sebagai pelengkap pakaian yang dapat memiliki tujuan seperti fashion maupun kegiatan atau acara tertentu.

Penggunaan topi dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya digunakan sebagai aksesoris pakaian. Dalam beberapa upacara seremonial dan keagamaan penggunaan jenis topi tertentu menjadi keharusan. Di dunia militer, fungsi dari jenis jenis topi dapat menyatakan tingkat dan kepangkatan seorang pasukan.

Jenis Jenis Topi

Keragaman jenis jenis topi terjadi seiring dengan banyaknya kebudayaan dan perkembangan fashion. Setiap jenis topi memiliki keragaman karakteristik tersendiri, namun secara umum bentuk sebuah topi, yaitu:

  • Memiliki penutup kepala bagian atas,
  • Dapat memiliki bagian tepi topi yang dapat berjumlah satu atau lebih.
Bagian Bagian Topi

Bagian-Bagian Topi

Dikarenakan banyaknya jenis jenis topi dan perkembangan fashion selalu menghadirkan model topi terbaru , maka pada kesempatan ini kita hanya akan membahas model yang sering digunakan saja.

Jenis-Topi-Baseball-Snapback-Trucker

Jenis Topi Baseball

Topi bisbol atau baseball cap adalah sebuah topi yang lentur dengan bagian atas topi melingkar dan terdapat kancing di tengahnya serta memiliki lidah (visor) melengkung yang kaku di depan. Pada model topi bisbol biasanya pada bagian atas depan topi (crown) terdapat bordir logo tim olahraga, nama brand atau desain tertentu. Pada bagian belakang topi bisbol dapat dipasang pengencang seperti karet, gesper berlubang atau velcro.

Jenis Topi Snapback

Topi snapback adalah sebuah topi yang memiliki lingkaran kepala sedikit besar, lidah topinya datar dan pada bagian belakangnya terdapat gesper berlubang sejajar satu atau dua baris yang berfungsi untuk mengatur besaran lingkaran topi.

Jenis jenis topi snapback termasuk ke dalam topi baseball, tetapi memiliki kain keras pada bagian depan topinya yang biasanya menggunakan kain keras impor. Karena bagian depannya yang keras apabila akan dipasang bordir membuat prosesnya cukup rumit, sehingga jenis topi keren ini biasanya ditemui pada etalase jenis jenis topi distro dengan harga yang relatif.

Jenis Topi Trucker

Topi trucker juga dikenal sebagai topi jala atau jaring adalah sebuah topi yang memiliki ciri khas jaring berlobang lima, tiga atau bulat pada panelnya dan tombol di bagian atasnya, dengan lidah topi yang melengkung dan bagian depan (crown) terbuat dari bahan busa.

Pada model topi trucker biasanya terdapat logo atau tulisan-tulisan pada bagian depannya dengan bahan busa yang berdiri tegak dan kaku, sehingga membuat trucker hat lebih tinggi dari kebanyakan topi baseball. Ada gesper yang terbuat dari plastik di belakang. Desain topi trucker dimaksudkan untuk kenyamanan pemakainya yang membuat topi lebih sejuk dari matahari atau cuaca panas.

Jenis Topi Kupluk

Jenis Topi Kupluk

source: pinterset.com

Kupluk adalah sebuah topi yang melingkari kepala secara penuh dan tidak bertepi atau tanpa lidah (visor), berfungsi untuk melindungi kepala dari cuaca dingin. Belum diketahui secara pasti dari mana masyarakat kita mengenal istilah “kupluk”.

Di negara-negara barat, jenis jenis topi kupluk ini dikenal dengan istilah beanie, knit cap / knit hat, skully, touques dan masih banyak nama-nama lainnya mengacu kepada kebiasaan penamaan di negara tertentu. Setelah ditelusuri mereka pun tidak mempermasalahkan istilah-istilah tersebut, akan tetapi yang menjadi dasar penamaannya adalah dari cara pembuatan, bentuk, tujuan dan kekencangan lingkar penutup kepala tersebut (disadur dari berbagai sumber).

Jenis Topi Bowler-Fedora-Porkpie-Homburg-Trilby

source: baileyhats.com,  optimo.com, hatsandcaps.co.uk, villagehatshop.com

Jenis Topi Fedora

Topi fedora adalah sebuah topi yang biasanya terbuat dari bahan felt (kain tebal dari bulu halus) dengan pinggiran (brim) lebar dan bagian crown berlekuk yang biasanya berkerut memanjang ke bawah crown sebatas bagian depan di kedua sisinya.

Jenis Topi Trilby

Jenis Topi Trilby

source: myfcso.us

Topi Trilby adalah sebuah topi yang memiliki brim pendek yang pada bagian depannya miring ke bawah dan bagian belakangnya miring ke atas. Model topi trilby mirip dengan topi fedora, tetapi memiliki brim yang lebih pendek.

Jenis Topi Bowler

Jenis Topi Bowler

source: fashiontrendseeker.com

Topi bowler (bowler hat) adalah sebuah topi yang terbuat dari bahan felt (kain tebal dari bulu halus) dengan brim yang melingkar sedikit mengangkat dan memiliki fungsi proteksi serta memiliki daya tahan yang lama. Model topi bowler ini juga dikenal di US sebagai Bob Hat, Bombin atau Derby Hat.

Jenis Topi Homburg

Topi homburg adalah topi resmi berbahan felt dengan ciri memiliki bagian tengah atas crown yang penyok (disebut “gutter crown”), brim menyatu yang kaku berbentuk “kettle curl” dan tipis. Model topi homburg memiliki band yang terbuat dari bahan grosgrain.

Jenis Topi Porkpie

Topi Porkpie adalah sebuah topi yang memiliki crown berbentuk oval dan datar serta terdapat band. Model topi pork pie berasal dari pertengahan abad ke-19 dan sering dikaitkan dengan pemain Jazz. Topi pork pie disebut juga sebagai Be-Bop Hat.

Jenis Bucket Hat dan Topi Rimba

source: theodysseyonline.com, amazon.com

Bucket Hat

Bucket hat adalah sebuah topi yang didesain dengan pinggiran (brim) lebar dan miring ke bawah. Biasanya bucket hat terbuat dari bahan katun tegas seperti denim atau kanvas, dengan dua lubang logam yang dipasang pada setiap sisi topi untuk ventilasi. Topi bucket hat juga dikenal sebagai session hat, fisherman’s hat atau irish country hat.

Jenis Topi Rimba

Topi rimba adalah sebuah topi dengan bentuk pinggiran (brim) lebar yang biasa digunakan oleh pasukan militer, desainnya mirip dengan bucket hat tetapi dengan brim yang lebih kaku. Seringkali terdapat band kain yang dijahit di sekitar crown topi dan terdapat lubang logam yang dimaksudkan untuk mengikatkan alat kamuflase seperti dedaunan. Terdapat tali untuk mencegah topi terlepas. Topi rimba disebut juga sebagai boonie hat atau giggle hat.

Jenis Topi Ascot Flat Cap Newsboy

source: bluemaize.net, aliexpress.com, mysweetcharity.com

Flat Cap

Flat cap adalah sebuah topi bulat dengan brim kecil yang kaku di depannya. Flat cap juga dikenal sebagai Cabbie Cap, Longshoreman’s Cap, Cloth Cap, Scally Cap, Wigens Cap, Ivy Cap, Derby Hat, Jeff Cap, Duffer Cap, Duckbill Cap, Driving Cap, Bicycle Cap, Irish cap, Newsboy Cap, Crook Cap, Joao’s Hat, Sixpence atau Paddy Cap dan di beberapa negara dikenal sebagai Bunnet, di Wales sebagai Dai Cap dan di New Zealand sebagai Cheese-Cutter.

Jenis Topi Ascot

Topi Ascot adalah sebuah topi yang mirip dengan driver cap, tapi dengan bentuk lebih kokoh dan bulat. Topi Ascot kadang-kadang disebut sebagai Cuffley Caps.

Jenis Topi Newsboy

Topi newsboy adalah sebuah topi dengan brim kecil yang kaku di depannya namun lebih bulat dan penuh daripada flatcap dan memiliki tombol di atasnya serta terkadang memiliki kancing untuk merekatkan bagian brim dengan bagian atas topi (crown).

Topi newsboy disebut juga sebagai Baker Boy, Bandit Cap, Apple Cap, Eight Piece Cap, Eight Panel, , Cabbie, Jay Gatsby (dari film The Great Gatsby), Fisherman’s Cap, Pageboy, Applejack Hat, Lundberg Stetson, Chiz Hat, dan Poor Boy Cap.

Jenis Topi Panama dan Boater

souce: thegenuinepanamahats.com, pinterest.com

Jenis Topi Panama

Topi Panama adalah sebuah topi tradisional dengan brim yang terbuat dari jerami tradisional (toquilla) berasal dari Ekuador. Model topi panama biasanya berwarna terang, ringan dan sejuk. Topi panama sering dipakai sebagai aksesori untuk pakaian musim panas, seperti yang terbuat dari linen atau sutra. Dimulai sekitar pergantian abad ke-20, jenis topi panama mulai dikaitkan dengan pantai dan daerah tropis.

Jenis Topi Boater

Topi Boater adalah sebuah topi musim panas resmi untuk pria, yang terbuat dari jerami sennit kaku dan memiliki crown dan brim yang datar serta kaku dan biasanya dengan band berbahan grosgrain di sekitar crown. Model topi boater populer sebagai tutup kepala santai untuk musim panas di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, terutama untuk berperahu atau berlayar sesuai namanya.

Topi boater juga dikenal dengan istilah Straw Boater, Basher, Skimmer, Cady, Katie, Canotier, Somer, Sennit Hat dan di Jepang dikenal sebagai Can-Can Hat.

Jenis Topi Cowboy

Jenis Topi Cowboy

source: ranker.com

Topi koboi adalah sebuah topi yang memiliki crown yang tinggi dengan brim yang melingkar lebar dan dikenal untuk mendefinisikan bagian dari pakaian koboi Amerika Utara. Bentuk crown dan brim pada topi koboi sering diubah oleh pemakainya untuk fashion dan untuk melindungi terhadap cuaca.

Demikianlah ulasan mengenai jenis jenis topi. Bila ingin menambah wawasan mengenai bahan topi silahkan untuk lihat di jenis kain topi.

Semoga informasi mengenai jenis jenis topi dapat menjadi bahan referensi bagi anda. Apakah sedang mencari model-model topi untuk pria dan wanita. Atau sedang mencari jenis topi pria yang cocok untuk wajah bulat atau tirus. Atau mungkin biasanya bagi wanita sedang mencari model topi wanita terbaru.

Bila anda membutuhkan jasa pembuatan topi, silahkan untuk mengunjungi Konveksi Topi.

Semoga bermanfaat.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *