Jenis Kemeja Pria

Jenis Kemeja Pria
Galerikonveksi51.com – Jenis kemeja pria selalu memiliki macam-macam style dengan karakteristik jenis motif dan model terbaru. Fungsi secara umum yang dimiliki jenis kemeja pria tidaklah berubah. Secara garis besar peruntukkannya terbagi menjadi jenis kemeja pria formal dan kasual.

Pengertian Kemeja adalah sebuah baju atau pakaian atasan yang sifatnya formal ataupun semi-formal, dengan karakteristik memiliki kerah, berkancing, berlengan panjang ataupun pendek dan menutupi tubuh sampai ke perut.
Kata kemeja berasal dari bahasa Portugis yaitu ‘camisa’ yang berarti sebuah baju atau pakaian atas untuk pria.

Jenis Kemeja Pria

Jenis kemeja pria adalah sebuah baju atasan yang dikenakan oleh kaum pria yang memiliki kerah dan menutupi bagian lengan, dada, bahu dan tubuh sampai bagian perut. Jenis kemeja pria dapat memiliki lengan panjang dan lengan pendek.

Jenis Kemeja Formal

Jenis Kemeja Formal

source: bondlife.com

Kemeja Formal adalah sebuah kemeja yang dikenakan untuk acara bersifat resmi dan biasanya memiliki bentuk kaku yang elegan agar mendukung penampilan bergaya formal. Umumnya kemeja formal ini berlengan panjang dan memiliki kancing pada kerah dan mansetnya. Biasanya kemeja formal digunakan bersamaan dengan dasi ataupun setelan jas. Seiring perkembangan fashion, maka kemeja formal tangan pendek pun tersedia.

Kemeja Batik

Kemeja Batik

batik shirts for Aldi wedding (owner manjabal)

Kemeja batik adalah sebuah kemeja yang terbuat dari kain bermotif batik yang berasal dari kebudayaan asli Indonesia. Kemeja batik biasanya digunakan untuk acara bersifat formal, akan tetapi bisa juga digunakan untuk acara semi-formal bila dipadukan dengan celana kasual, seperti jeans. Jenis kemeja batik dapat memiliki lengan panjang maupun pendek.

Kita perlu berbangga karena Batik oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Jenis Kemeja Kasual

Kemeja kasual adalah sebuah kemeja yang digunakan untuk mendukung penampilan bergaya santai, sporty dan tidak terlalu formal. Jenis kemeja kasual dapat memiliki lengan panjang maupun lengan pendek, tergantung dari model dan motifnya.

Seiring perkembangan fashion, jenis kemeja kasual memiliki beragam motif dan bahan. Kemeja kasual merupakan inovasi dari bentuk kemeja umum yang ditambahkan variasi tertentu seperti pola bergaris-garis, printing (kemeja print) ataupun variasi bentuk kerah, manset, saku ataupun hal-hal lainnya.

Berikut adalah jenis kemeja pria yang dapat termasuk ke dalam kemeja kasual.

Kemeja Flanel

Kemeja Flanel

source: stylevitae.com

Kemeja flanel adalah sebuah kemeja yang terbuat dari bahan flanel dengan motif kotak-kotak atau tartan. Tidak semua kemeja dengan motif kotak-kotak disebut sebagai kemeja flanel, dikarenakan flanel adalah nama bahan. Jadi disebut sebagai kemeja flanel apabila dibuat menggunakan bahan flanel. Karakteristiknya sama dengan kemeja pada umumnya dapat memiliki lengan panjang maupun lengan pendek.

Kemeja Denim

Kemeja Denim

source: itapemafm.clicrbs.com.br

Kemeja denim adalah sebuah kemeja yang dibuat menggunakan bahan denim. Jenis kemeja denim sangat cocok digunakan untuk acara semi-formal. Kemeja denim dapat memiliki lengan panjang maupun pendek. Penamaan kemeja denim tidak bisa digantikan dengan istilah jeans.

Banyak orang mengira bahwa istilah denim dan jeans adalah sama. Perlu diluruskan bahwa denim merupakan nama bahan, sedangkan jeans adalah salah satu model celana. Sehingga celana yang terbuat dari bahan denim disebut dengan jeans.

Bagian Bagian Kemeja

Bagian-Bagian Kemeja

source: martynewfashion.com

Secara garis besar bagian bagian kemeja terdiri dari :

Kerah

Macam-Macam Kerah Kemeja

source: thefashionformen.com

Kerah pada kemeja adalah lipatan kain pada leher yang berbahan sedikit kaku dan biasa digunakan untuk penyangga dasi. Bagian ini terdapat di semua kemeja baik itu lengan panjang maupun lengan pendek.

Lengan

Jenis lengan kemeja pada umumnya terbagi menjadi lengan panjang dan lengan pendek. Jenis kemeja lengan panjang biasanya memiliki kancing pada mansetnya dan dapat digunakan untuk mengikatkan lengan yang digulung bila terdapat lidah lobang kancing dibagian dalam lengan.

Manset

Manset atau cuff adalah tambahan lengan yang berada di ujung lengan bawah dengan bahan yang sedikit kaku dan biasanya terdapat kancing untuk mengikatkan lengan. Kancing pada manset umumnya berjumlah dua baris.

Placket

Placket adalah tambahan bahan pada bagian depan kemeja yang memanjang dari atas sampai dengan ujung bawah sebagai penanda kancing dan lobang yang berderet vertikal.

Sleeve Placket

Sleeve placket ini hampir mirip dengan placket, namun letaknya di atas manset memanjang secara vertikal dan umumnya memiliki satu kancing beserta lobangnya.

Yoke

Yoke adalah jahitan memanjang secara horizontal yang menghubungkan kemeja bagian depan dan belakang terletak pada pundak sampai punggung kemeja atas yang berfungsi menutupi tulang bahu.

Pleat

Pleat adalah bagian kemeja yang terletak dibagian belakang punggung dan berfungsi untuk menyamarkan dan menyesuaikan postur punggung kemeja.

Bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai bahan kemeja, silahkan untuk mengunjungi jenis kain kemeja.

Demikianlah ulasan mengenai jenis kemeja pria. Bila anda membutuhkan jasa konveksi untuk membuat kemeja, silahkan untuk mengunjungi Konveksi Kemeja.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *