Model Jaket Windbreaker

Model Jaket WindbreakerGalerikonveksi51.com – Model jaket windbreaker dikenal juga sebagai windcheater, secara harfiah merupakan jenis lapisan pelindung dari terpaan angin. Selain dari itu, model jaket windbreaker dapat melindungi tubuh dari hujan rintik. Model jaket windbreaker sering memakai bahan parasut, walaupun tidak semua modelnya menggunakan bahan tersebut.

Windbreaker adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menahan angin. Sedangkan istilah jaket windbreaker adalah sebuah jaket yang digunakan untuk menahan terpaan angin dan hujan rintik yang memiliki bahan tidak terlalu tebal dan tipis.

Model Jaket Windbreaker

Jenis Jaket Windbreaker

source: zumiez.com

Model jaket windbreaker atau windcheater adalah mantel tipis yang dirancang untuk menahan angin dingin dan hujan gerimis (waterproof), versi lebih ringan dari jaket. Biasanya model jaket windbreaker terbuat dari bahan jaket yang ringan, namun sekarang karakteristiknya terbuat dari beberapa jenis bahan sintetis. Pada model jaket windbreaker sering terdapat tali elastis di pinggang, pergelangan tangan dan resleting (zipper) sebagai adjuster untuk kondisi cuaca tertentu.

Pada jaket biasa, mantel dan lainnya mungkin terdapat tipe windbreaker sebagai lapisan dalam yang dapat dilepaskan bila diinginkan. Model jaket windbreaker kadang-kadang memiliki tudung (hoodie) yang bisa dilepas. Banyak model jaket windbreaker yang memiliki kantong besar di bagian dalam atau luar yang memungkinkan untuk melindungi barang-barang dari cuaca seperti angin atau hujan.

Model jaket windbreaker dikenakan terutama di musim hangat, ketika angin atau hujan bisa saja datang atau bisa dipakai sebagai penambah lapisan (layering) selama musim dingin.

Jaket windbreaker memiliki bahan ringan yang bisa melindungi tubuh lebih daripada sweater tetapi tidak lebih dari mantel. Model jaket windbreaker berwarna cerah biasa dipakai oleh pelari sebagai pakaian reflektif yang melindungi dan menjaga dari berbagai unsur yang berbahaya, seperti pengendara kendaraan.

Sebuah studi 2012 menunjukkan bahwa mengenakan jaket windbreaker walaupun memiliki bahan ringan, tetapi efektif menunda hipotermia jika pemakainya sedang berjalan di luar dan secara tidak terduga datang suhu yang rendah.

Sejarah Dan Asal Usul Istilah Windbreaker

Jenis jaket windbreaker pertama kali populer sebagai pakaian luar informal pada Tahun 1970-an. Namun bila dikaitkan sejarahnya dapat ditelusuri kembali hampir 500 tahun, karena model jaket windbreaker ini mirip dengan jaket parka. Jaket windbreaker sering dianggap sebagai perkembangan dari jaket parka yang dikenakan oleh suku Inuit di Antartika.

Macam Macam Jaket Windbreaker

left: windbreaker by patagonia.com, right: windcheater by tdffashion.co.uk

Istilah “windbreaker” digunakan terutama di Amerika Utara dan Jepang, dalam prosesnya mungkin menjadi “genericized trademark”, tetapi masih terdaftar di Kantor Merek Dagang AS. Istilah ini pertama kali digunakan oleh perusahaan John Rissman dari Chicago untuk jaket gabardin nya.

Sedangkan istilah “windcheater” digunakan di Inggris dan negara-negara Persemakmuran (Commonwealth) tertentu, termasuk Australia dan India. Istilah ini juga mengacu pada setiap bahan sintetis mengkilap yang digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket windbreaker.

Atasan jaket windcheater juga dikenal sebagai cagoules atau “wind jammers” di Inggris Raya. Sedangkan di Australia, nama cagoule merupakan istilah untuk jaket parka.

Sebenarnya istilah “windcheater” mendahului istilah “windbreaker” dan pada awalnya digunakan untuk menggambarkan semacam pakaian yang lebih mirip dengan jaket pull-over daripada jaket windbreaker modern. Tidak seperti model jaket windbreakers yang memiliki panjang sepinggang, model jaket windcheater cenderung lebih panjang sampai ke paha yang lebih sedikit rajutannya atau lapisannya.

Selain istilah ‘windcheater’ pada jaket, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan benda-benda lainnya yang digunakan di pantai dan berkemah untuk mencegah gangguan angin dari aktivitas sosial. Biasanya terbuat dari bahan katun, nilon, kanvas dan kain layar yang di daur ulang.

Perkembangan Model Jaket Windbreaker

Seiring perkembangan dunia fashion, maka terdapat beberapa jaket yang termasuk ke dalam jenis jaket windbreaker.

Coach Jacket

Jenis Coaches Jacket

source: zumiez.com

Coach jacket adalah sebuah jaket windbreaker dengan ciri khas karet di pergelangan tangannya dan biasanya berkerah. Jaket ini menjadi populer ketika sering dikenakan oleh para pelatih dari berbagai cabang olahraga.

Jenis Jaket Windrunner

Jenis Jaket Windrunner

source: famewatcher.com

Jaket Windrunner adalah sebuah jaket berbahan kain parasut tipis yang memiliki tali pada bagian tudungnya. Jenis jaket windrunner biasanya digunakan untuk olahraga ringan seperti lari, namun cocok juga digunakan sebagai fashion.

Jenis Jaket Cagoule

Jenis Jaket Cagoule

source: weirdfish.global.ssl.fastly.net

Jaket cagoule adalah sebuah jaket yang memiliki tudung bulat, elastis dengan tali dan resleting pendek di leher, serta biasanya memiliki kantung di bagian perut. Jaket cagoule merupakan istilah Inggris Raya untuk jaket windcheater, sedangkan di Australia merupakan istilah untuk jaket parka. Seperti jaket parka anorak aslinya, Jaket Cagoule tidak terbuka sepenuhnya di depan dan harus ditarik ke atas kepala.

Demikianlah ulasan singkat mengenai model jaket windbreaker. Bila anda membutuhkan jasa pembuatan jaket windbreaker silahkan untuk mengunjungi Konveksi Jaket.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *