Perlengkapan Wisuda

Perlengkapan Wisuda

Galerikonveksi51.com – Nama nama perlengkapan wisuda sarjana pada baju toga, seperti topi, sleber, tabung, gordon, samir dan map perlu kita ketahui bila ingin menambahkan atribut tersebut. Biasanya baju toga dijual terpisah dengan perlengkapan wisuda. Untuk menambahkan perlengkapan wisuda, kita bisa memilih atribut yang akan digunakan. Baju toga wisuda pada umumnya berupa jubah panjang yang menutupi seluruh badan sampai lutut dan biasanya menutupi seluruh lengan serta dilengkapi atribut tambahan sebagai pelengkap.

Perlengkapan wisuda ini memiliki istilah nama yang berbeda-beda dan karakteristik bahan yang beraneka ragam. Biasanya perlengkapan wisuda ini selain dari baju toga adalah topi, sleber, tabung, gordon, samir dan map. Untuk mengenal lebih jauh istilah lain dari nama nama perlengkapan wisuda beserta karakteristik bahan yang digunakan, maka kita perlu memiliki pengetahuan tentang pelengkap tersebut. Berikut adalah perlengkapan wisuda yang sering digunakan pada Konveksi Toga Wisuda dari GaleriKonveksi51.

Nama Nama Perlengkapan Wisuda

Baju Toga Wisuda

Pengertian Toga Wisuda adalah pakaian sehelai kain sepanjang kira-kira enam meter ( 20 kaki ) yang dililitkan ke sekeliling tubuh, dan umumnya dikenakan setelah mengenakan tunik ( pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung). Baju ini bisa berlengan atau tanpa lengan, dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut.
Contoh :
Konveksi Toga Wisuda

Jenis Bahan Kain Toga Wisuda

  • Bahan Kain Saten,
  • Tessa,
  • Bestway,
  • Garbadine.

Sleber / Kragh / Teratai / Kerah Wisuda

Pengertian Sleber adalah sejenis kain yang melingkar di dada pada baju toga dan menutupi dada depan, belakang serta pundak. Jenis Bahan Kain Sleber Wisuda adalah Bahan Beludru, Saten atau kombinasi dari kedua bahan tersebut.
Contoh :
Sleber Wisuda

Samir / Slayer / Tali / Kalung Wisuda

Pengertian Samir adalah kalung dengan bahan kain yang digunakan untuk menggantungkan Gordon pada Baju Toga Wisuda. Jenis Kain Samir biasanya adalah Bahan Beludru, Saten atau kombinasi keduanya.
Contoh :
Samir Wisuda

Medali / Liontin / Gordon Wisuda

Pengertian Gordon atau Medali Wisuda adalah benda logam kecil pipih berbentuk lingkaran, segi lima ataupun bentuk lainnya dengan lambang logo universitas ataupun sekolah yang direkatkan pada samir atau kalung wisuda. Jenis bahan gordon atau medali wisuda biasanya adalah kuningan dan resin.
Contoh :
Gordon Wisuda

Topi Wisuda

Pengertian Topi Wisuda adalah sejenis penutup kepala yang tepi atasnya berbentuk segi lima dan pada tengahnya memiliki tali berbahan kain dengan rumbai pada tepi bawahnya yang menjulur serta lobang kepala yang berbentuk bundar dan hanya digunakan pada saat acara wisuda. Jenis bahan kain topi wisuda biasanya adalah Bahan Beludru dan Matador.
Contoh :
Topi Wisuda

Map Wisuda

Pengertian Map Wisuda adalah sejenis kertas bersampul berbentuk persegi panjang yang berfungsi untuk menyimpan ijazah atau dokumen lainnya dan biasanya pada sampul berlambangkan logo universitas atau sekolah. Jenis Bahan Map Wisuda untuk sampulnya adalah bahan Ase, Hse, Semi Kulit, Imitasi, MKT, Sit, Mika dan Plastik. Untuk bahan Karton adalah standard Ragam Karya (Karton 30). Untuk tulisan biasanya menggunakan embos, sablon, poil.
Contoh :
Map Wisuda

Tabung Wisuda

Pengertian tabung wisuda adalah sejenis wadah berbentuk bulat yang memiliki penutup dan berfungsi untuk menyimpan ijazah atau dokumen lain dengan cara digulungkan dan digunakan pada acara wisuda. Jenis Bahan Tabung Wisuda adalah karton atau pipa paralon yang biasanya dilapisi oleh kain beludru.
Contoh :
Tabung Wisuda

Demikianlah informasi singkat mengenai perlengkapan wisuda. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda yang akan membuat perlengkapan wisuda. Bila membutuhkan jasa pembuatan baju toga dan pelengkapan wisuda silahkan untuk mengunjungi Konveksi Toga Wisuda kami.
Terima kasih dan semoga bermanfaat dengan artikel tentang perlengkapan wisuda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *