Jenis Jaket Harrington

Jenis Jaket Harrington

Galerikonveksi51.com – Jenis Jaket Harrington adalah sebuah model berukuran sepinggang yang tidak terlalu tebal dan bahan bakunya terbuat dari katun, polyester, wol atau suede. Desain jenis jaket harrington biasanya memiliki ciri khas terdapat flanel tradisional yaitu pola kotak-kotak berurut dari garis vertikal dan horizontal dalam berbagai warna (fraser tartans) atau bahan bermotif kotak-kotak di bagian dalamnya. Jenis jaket Harrington sangat cocok digunakan untuk penampilan bergaya kasual.

Jenis Jaket Harrington

Jenis Jaket Harrington merupakan perpaduan jaket semi-formal dan kasual. Jaket ini disukai banyak pria berpenampilan modis seperti selebriti Steve McQueen, Frank Sinatra, James Dean, Daniel Craig dan Elvis Presley. Bila melihat fungsinya, maka jenis jaket harrington lebih cocok digunakan untuk mendukung penampilan, karena bahannya tidak terlalu tebal sehingga kurang cocok untuk dikenakan pada cuaca yang sangat dingin.

Karakteristik Jaket Harrington

Berikut adalah karakteristik jenis jaket Harrington yang kita kenal sekarang.

  • Jaket dengan panjang ukuran sepinggang.
  • Bahan baku terbuat dari katun, wool atau kulit (juga tersedia dalam sintetis).
  • Biasanya satu warna di luar.
  • Ukuran di sekitar pinggang biasanya ketat dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.
  • Memiliki resleting di depan dari ujung bawah sampai ujung leher.
  • Biasanya memiliki kerah dengan kancing pengikat untuk mencegah air masuk ke dalam.
  • Memiliki dua kantong dengan kancing di kedua sisi penutupnya nya yang miring.
  • Memiliki dalaman bahan bermotif kotak-kotak.

Sejarah Jaket Harrington

Sebagian besar sumber menyatakan bahwa jaket Harrington pertama kali dirancang di Inggris pada tahun 1937 oleh John Miller dan Isaac Miller, pendiri Baracuta, dari Kota Stockport, Greater Manchester. Pada saat yang sama, perusahaan Inggris, Grenfell dari Kota Burnley, Lancashire, mengklaim membuat gaya jaket yang sama  pada awal tahun 1930-an.

Sejarah Jaket Harrington

Source: retrodublin.wordpress.com

Pada tahun 1958, Elvis Presley mempopulerkan jenis jaket Harrington model Baracuta G9 pada tahun 1958 di film King Creole. Sayangnya nama jaket Harrington tidak berevolusi sampai pada tahun 1964, model Jaket Harrington Baracuta G9 dikenakan oleh aktor Ryan O’Neal dalam peran “Rodney Harrington” dalam serial TV Peyton Place.

Steve McQueen dan Frank Sinatra sering terlihat difoto mengenakan gaya jaket Harrington dalam film dan kehidupan pribadi mereka.

Perkembangan Jaket Harrington

Pada tahun 1960-an, Jaket Harrington menjadi modis di Inggris di antara komunitas Mods dan Skinhead, sehingga menjadi bagian ikonik dari penampilan “British“. Dan pada akhir 1970-an dan awal 1980-an mengalami kebangkitan dengan Skinhead dan Mod Revivalis, serta penggemar lama dan baru Northern Soul dan Scooterboys.

Di antara waktu perkembangannya di komunitas subkultur, jenis jaket Harrington sering dipakai oleh Fred Perry atau clothing brand Ben Sherman. Bahkan, banyak penyanyi dan band brit-pop menyukai Jaket Harrington.

Nama Jaket Harrington kemudian dipopulerkan oleh John Simons, pengecer pakaian pria yang dipercaya membawa tampilan Ivy League (gaya penampilan pria yang populer pada tahun 1950-an di timur laut Amerika berasal dari perkumpulan mahasiswa) ke London dan sampai sekarang masih menyediakan model jaket tersebut.

Di Perancis, HARRINGTON telah menjadi merek dagang terdaftar sejak tahun 1985.

Jaket Harrington Baracuta

Jaket Harrington Baracuta

Source: baracuta.com

Baracuta pertama kali mulai membuat pakaian luar anti hujan untuk Burberry dan Aquascutum sebelum membuat produk mereka sendiri. Fakta bahwa mereka membesarkan brand mereka melalui jas hujan. Miller bersaudara pendiri Baracuta, bercita-cita untuk menjadi pemain golf handal membawa peran besar dalam desain jaket Harrington.

Oleh karena itu tidaklah mengherankan bahwa awalnya jenis jaket harrington menjadi sangat populer di kalangan pegolf, serta dirancang untuk menjaga pemakainya dari hujan tanpa mengabaikan penampilan.

Kantong penutup yang miring pada jaket harrington sangat ideal untuk menjaga bola golf, serta bentuk pinggang dan pergelangan tangan yang elastis memungkinkan untuk tangan mengayun bebas. Ada juga unsur ventilasi dalam desain jaket harrington yang membuatnya ideal untuk kegiatan olahraga pada umumnya. Inisial “G” merupakan singkatan untuk golf dan di Jepang dinamakan “swing jacket” karena jaket tersebut dikenakan di lapangan golf.

Golf ketika itu adalah kebiasaan eksklusif dari orang-orang kaya dan kelas atas sehingga Jaket Harrington memperoleh keuntungan sebagai objek aspirasi dan mobilitas tingkat atas. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa pada tahun 1938, kepala Fraser Clan yang ke 24, Lord Lovat, memberi kan ijin kepada John Miller untuk menggunakan Fraser Tartan sebagai lapisan. Jaket Harrington ketika itu disebut dengan G9.

Perkembangan Jaket Harrington Baracuta

Pada tahun 1950, Baracuta mulai mengekspor produknya ke Amerika Serikat dan G9 dikenakan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi Ivy League dan segera menjadi penguat penampilan bergengsi. Jaket Harrington merupakan pakaian bergengsi yang sempurna, tidak informal namun tetap sporty.

Jenis jaket harrington G9 diperkenalkan ke khalayak yang lebih luas pada tahun 1954 oleh Elvis Presley dalam film King Creole. Pada tahun 1968, di Amerika mendapatkan popularitas lebih lanjut ketika Steve McQueen memakainya dalam film The Thomas Crown Affair. Steve McQueen muncul di sampul majalah Life dalam beberapa penampilannya yang berhubungan dengan pakaian.

Jaket Harrington dikenakan juga oleh banyak nama-nama terkenal termasuk Frank Sinatra, Gregory Peck sampai James Dean yang terakhir dipakainya dalam film Rebel Without a Cause.

Perkembangan Jaket Harrington Baracuta Sampai Sekarang

Jaket Harrington tetap populer di berbagai kelompok sosial dan sosial-ekonomi. Dengan latar belakang yang beragam, Baracuta membuat jenis Jaket harrington edisi terbatas. Contohnya seperti Harrington Jacket Punk Edition dan edisi ulang tahun yang terdiri dari 137 jaket disebut Project 137 untuk merayakan ulang tahun ke-70 dari G9.

Pada tahun 2007, Baracuta merilis tiga jaket harrington edisi khusus model G9, G10 dan G4 dengan “Quotes” dari Elvis Presley, Steve McQueen dan Frank Sinatra dicetak di jaket dan memiliki nomor seri.

Selain Baracuta, perusahaan yang telah membuat jenis Jaket Harrington meliputi Yves Saint Laurent, Ralph Lauren, J.Crew, Lambretta Clothing, Pretty Green, Brooks Brothers, Merc London, Fred Perry, Tesco, Izod, Ben Sherman, Lacoste, Lyle & Scott, Lonsdale, Warrior Clothing, Howies, Relco dan The Spirit of 69.

Bahan Jaket Harrington

Berikut adalah jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan jaket harrington.
Kain Drill
Jenis kain drill adalah bahan yang memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill). Bahan kain drill terbuat dari campuran antara cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal. Kain drill memiliki tekstur bahan berupa garis benang yang terlihat dengan jelas. Karakteristik kain drill adalah tebal, tidak dapat menyerap air dan panas.

Kain Tropical
Jenis Kain Tropical adalah bahan yang merupakan campuran komposisi polyester dan cotton, dengan perbandingan lebih besar kandungan cotton, sehingga bila dipakai tetap dingin. Jenis kain untuk seragam ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dan bahannya lebih halus.

Kain Mikro
Jenis kain mikro (micro despo) adalah bahan yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil dan permukaannya licin. Kain mikro memiliki karakteristik seperti bahan parasut namun agak tipis.

Kain Mayer
Jenis kain mayer adalah bahan yang tidak terlalu tebal dan bersifat hidropobik serta memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik jika dalam jumlah yang tidak banyak. Kain Mayer diklasifikasikan kedalam jenis bahan water repellent atau biasa disebut water resistant.

Untuk jenis bahan kain jaket lainnya bisa dilihat di jenis kain jaket.

Note : Jenis bahan kain jaket harrington tidak harus mengacu kepada salah satu bahan tersebut. Biasanya biasanya fashion designer memilih bahan yang disesuaikan dengan tujuan modis.

Demikianlah artikel mengenai Jenis Jaket Harrington, semoga dapat menjadi bahan referensi. Bila anda tertarik untuk membuat model jaket harrington silahkan untuk mengunjungi Konveksi Jaket.
Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *