Jenis Jaket Parka

Jenis Jaket Parka

Galerikonveksi51.com – Jenis Jaket Parka merupakan model mantel atau anorak (jas tahan angin dan air) dengan tudung penutup kepala (hoodie) dan sering dilapisi dengan bulu asli ataupun bulu palsu. Tudung ini berfungsi untuk melindungi wajah dari suhu yang sangat dingin dan angin kencang.

Pengertian Jaket Parka adalah sebuah jaket tebal dengan panjang selutut, memiliki penutup kepala yang berfungsi untuk melindungi pemakainya dari cuaca dingin, hujan dan angin.

Jenis Jaket Parka

Secara fungsinya karakteristik jenis jaket parka digunakan pada cuaca dingin dan berangin. Akan terasa aneh bila jenis jaket parka tersebut digunakan ketika cuaca panas menyengat. Tetapi seiring perkembangan jaman, jenis jaket parka telah menjadi sebuah pakaian fashion yang digunakan untuk tujuan modis. Walau tujuan awal jenis jaket parka dikenakan untuk menghangatkan tubuh dari cuaca ekstrim, akan tetapi sekarang ini banyak bermunculan berbagai jenis model jaket parka terlepas dari tujuan tersebut.

Sejarah Jaket Parka

Jaket Parka Anorak Kaum Inuit Eskimo

source: en.wikipedia.org/wiki/Parka author: George R. King

Sejarah Jaket Parka bermula ketika pertama kali diciptakan oleh Suku Caribou Inuit yang awalnya terbuat dari kulit caribou (sejenis rusa di Amerika Utara) ataupun menggunakan kulit binatang buruan lainnya. Jaket Parka dikenakan untuk berburu dan berkayak di lautan Arktik yang dingin. Beberapa anorak kaum Inuit biasanya dilapisi dengan minyak ikan untuk mempertahankan ketahanan airnya.

Kata-kata parka dan anorak sering digunakan silih berganti, tetapi sebenarnya merupakan pakaian yang berbeda. Tegasnya, anorak adalah tahan air, bertudung, jaket tanpa bukaan depan dan kadang-kadang memiliki tali di pinggang dan mansetnya. Sedangkan parka adalah mantel selutut yang digunakan pada cuaca dingin, biasanya diisi dengan serat sintetis yang sangat tebal dan dengan tudung berbulu.

Asal Usul Kata Jaket Parka

Kata Parka berasal dari bahasa Nenets (suku di rusia utara). Di Kepulauan Aleutian (serangkaian pulau yang terdiri dari 14 pulau vulkanik besar dan 55 pulau kecil milik Amerika dan Rusia), kata parka memiliki arti “kulit binatang”. Pada Tahun 1965, kata Parka masuk ke dalam catatan tertulis bahasa Inggris karya Samuel Purchas.

Kata anorak berasal dari kata “annoraaq” bahasa Kalaallisut (bahasa suku Eskimo). Kata itu baru muncul dalam Bahasa Inggris pada Tahun 1924, dengan definisi awal adalah “manik-manik yang dikenakan oleh perempuan Greenland atau pengantin di tahun 1930-an”. Pada awal 1950-an terbuat dari nilon, tetapi dirubah menjadi poplin pada Tahun 1959, ketika ditampilkan dalam majalah Vogue sebagai suatu fashion. Pada tahun 1984, The Observer (surat kabar Inggris) menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada tipe orang yang memakainya dan kemudian di Inggris, kadang-kadang kata tersebut digunakan untuk istilah yang agak menghina.

Jenis Jenis Jaket Parka

Secara historikal, jenis-jenis jaket parka terbagi menjadi model :

Jenis Jaket Parka Snorkel

Jenis Jaket Parka Snorkel

source: en.wikipedia.org/wiki/Parka author: Spuggie

Jaket Parka Snorkel (Snorkel Parka – USAF N-38 parka) diawali dengan digunakannya jaket ini pertama kali untuk krew pesawat militer Amerika pada awal tahun 1950-an, pada cuaca dingin yang ekstrim dibawah -51 derajat celcius.

Lalu jaket parka mendapatkan popularitas di Eropa pada akhir Tahun 1990 dan awal Tahun 2000-an. Sekitar tahun 2004, Jaket Parka Snorkel menjadi jaket fashion mainstream yang populer pada komunitas Indie. Di Jerman jaket parka snorkel sangat populer dengan budaya Hip Hop yang dapat digunakan oleh pria dan wanita serta diasosiasikan dengan Budaya Indie Pop.

Jenis Jaket Parka Fisthail

Jenis Jaket Parka Fishtail

source: flickr.com/photos/22017657@N05/3617143032
author: vagueonthehow

Jaket Parka Fisthail (Fishtail parka) pertama kali digunakan oleh tentara Amerika pada perang Korea untuk melindungi dari iklim disana. Setelah berakhirnya perang dunia ke-2, Militer Amerika menyadari kebutuhan akan pakaian cuaca dingin dengan sistem terbaru untuk perang dikarenakan pakaian sebelumnya tidak memadai. Pada akhirnya jaket parka adalah solusi untuk pakaian tersebut.

Selain didesain untuk pasukan infantri perang, jaket parka digunakan sebagai pelapis pakaian untuk melindungi dari angin dingin dibawah -10 derajat celcius.

Di Inggris pada Tahun 1960-an, Jenis Jaket Parka Fisthail menjadi simbol budaya “Mod”. Dikarenakan dari fungsinya dengan harga terjangkau dan ketersediaannya yang banyak di toko-toko militer, jaket parka menjadi pilihan pakaian ideal untuk melindungi dari debu oleh kaum Mod yang menggunakan skuter. Jaket parka menjadi budaya populer yang diyakini dengan ditampilkannya gambar jaket ini oleh surat kabar selama “Bank Holiday riots” pada tahun 1960-an.

Jenis Jaket Cagoule

Jenis Jaket Cagoule

source: weirdfish.global.ssl.fastly.net

Jaket Cagoule adalah istilah bahasa Inggris Britania untuk jas hujan tahan cuaca atau jaket anorak atau parka ringan yang biasanya tanpa lapisan dan terkadang memiliki panjang selutut. Jaket cagoule ini di Amerika termasuk ke dalam jaket windbreaker sedangkan di Australia termasuk ke dalam parka. Jenis jaket cagoule yang bisa digulung dan dilipat serta dibawa dalam tas atau saku diciptakan oleh Noel Bibby dari Peter Badai Ltd pada awal tahun 1960-an.

Jaket Cagoule memiliki tudung bulat, elastis dengan tali dan resleting pendek di leher, serta biasanya memiliki kantung di bagian perut. Seperti jaket parka anorak aslinya, Jaket Cagoule tidak terbuka sepenuhnya di depan dan harus ditarik ke atas kepala. Dalam beberapa versi jaket cagoule, tudung dapat berfungsi sebagai tas untuk memasukkan bagian jaket yang digulung.

Jenis jaket cagoule disebut juga “Fisherman Jacket” karena banyak di pakai oleh nelayan di wilayah eropa. Jaket cagoule sangat populer di Inggris selama tahun 1970-an dan populer di kalangan para Hooligan, karena Film “Awaydays” yang bercerita tentang hooligan.

Jenis Bahan Kain Jaket Parka

Berikut adalah jenis bahan kain jaket parka yang umumnya digunakan.

Kain Kanvas

Jenis kain kanvas atau canvas adalah bahan yang memiliki tekstur tebal dan berat. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal.

Kain Twill

Jenis kain twill adalah bahan yang memiliki spesifikasi permukaan kain berserat garis-garis miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis Kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun Bahan Twill agak panas bila digunakan.

Kain Taslan

Jenis kain taslan adalah bahan yang memiliki karakteristik seperti parasut, akan tetapi lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding bahan parasut. Jenis bahan kain taslan adalah terkenal paling eksklusif, karena bahan ini ada sub nya yang anti air. Bahan taslan ini memiliki banyak macam, seperti taslan salur, taslan korea, taslan lokal dan lain-lain.

Kain Mikro

Jenis kain mikro (micro despo) adalah bahan yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil dan permukaannya licin. Kain mikro memiliki karakteristik seperti bahan parasut namun agak tipis.

Kain Drill

Jenis kain drill adalah bahan yang memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill). Bahan kain drill terbuat dari campuran antara cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal. Kain drill memiliki tekstur bahan berupa garis benang yang terlihat dengan jelas. Karakteristik kain drill adalah tebal, tidak dapat menyerap air dan panas.

Untuk jenis bahan kain jaket lainnya bisa dilihat di jenis kain jaket

Note : Jenis bahan kain jaket parka sebenarnya tidak harus mengacu kepada salah satu dari bahan yang disebutkan di atas. Bila tujuan dibuatnya Jaket Parka ini untuk fashion, maka adalah hak fashion designer untuk menentukan bahan apa yang ingin digunakan. Jadi tidak ada acuan umum untuk jenis bahan kain ini.

Demikian ulasan mengenai jenis jaket parka semoga bisa menjadi bahan referensi. Apabila anda tertarik untuk membuat salah satu jenis model jaket parka, silahkan kunjungi Konveksi Jaket.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *