Jenis Celana Pria

Jenis Celana PriaGalerikonveksi51.com – Jenis celana pria memiliki berbagai jenis model dengan macam-macam karakteristik yang berbeda. Fungsi yang terdapat pada setiap model jenis celana pria pun berbeda dengan wanita. Hal ini dikarenakan pada permulaannya celana diperuntukkan bagi kaum lelaki. Seiring perkembangan fashion, maka mulai bermunculan lah jenis jenis celana wanita.

Bagi pria, memiliki pengetahuan tentang jenis celana pria terutama celana panjang merupakan hal yang wajib, sama halnya seperti kemeja. Hal ini dikarenakan jenis celana untuk pria tersebut, pada umumnya bisa digunakan dalam aktifitas sehari-hari, baik untuk kegiatan yang bersifat formal, semi-formal maupun kasual. Berbeda dengan jenis celana pendek pria, yang hanya bisa digunakan untuk kegiatan santai atau kasual.

Pengertian celana panjang adalah pakaian luar yang menutupi tubuh dimulai dari pinggang sampai ke pergelangan kaki, yang meliputi kedua kaki secara terpisah dan umumnya diperuntukkan bagi kaum lelaki.

Jenis Celana Pria

Sekarang ini banyak bermunculan model celana panjang pria dengan karakteristik yang berbeda-beda. Akan tetapi, baik celana panjang pria model terbaru maupun lawas masih sering digunakan oleh kaum pria. Dikarenakan kebanyakan kaum lelaki lebih mengutamakan fungsi, dibandingkan dengan penampilan. Pada kesempatan ini kita akan ulas jenis celana pria secara umum.

Jenis Celana Formal

Celana Formal

source: realmenrealstyle.com

Celana formal pria adalah sebuah celana panjang yang dikenakan untuk acara yang bersifat resmi dan identik dengan celana panjang pria kantoran. Jenis celana formal biasanya berbahan kain seperti sutera, wool ataupun satin dan masyarakat kita sering menyebutnya sebagai celana panjang bahan.

Celana formal pria secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu jenis lipit (pleated) dan jenis datar tanpa lipit (flat front). Kaum lelaki sering menggunakan celana formal jenis flat front, untuk menghindari bagian tubuh bawah terlihat besar dan tidak pas di badan.

Jenis Celana Khaki

Celana Khaki

source: pinterset.com

Celana khaki adalah sebuah celana yang memiliki warna kain khaki (warna turunan dari warna coklat yang sangat muda seperti pasir atau debu). Nama warna khaki diambil dari bahasa Hindi “khak”, yang berarti warna debu. Selain terbuat dari bahan katun, celana khaki juga bisa dibuat menggunakan bahan denim yang dicelup untuk mendapatkan warna khaki.

Jenis celana khaki cocok digunakan untuk penampilan formal maupun kasual. Celana khaki yang awalnya dipakai oleh militer ini, memiliki jenis model lipit dan tanpa lipit. Celana khaki memiliki perkembangan model menjadi celana bahan pria slim fit atau skinny yang kita kenal sekarang dengan celana chino.

Jenis Celana Chino

Celana Chino

source: neobluejeans.com

Celana chino adalah sebuah celana yang namanya diambil dari tempat pembuatan bahannya yaitu “chino” (pelafalan China dalam bahasa Spanyol). Celana chino biasanya dibuat dari bahan twill. Meskipun celana chino berawal dari celana khaki, akan tetapi celana ini memiliki karakteristik bahan yang lebih sintetis dan lebih ringan dibandingkan celana khaki.

Jenis celana chino merupakan model celana panjang kain pria terbaru yang memiliki potongan lebih sempit dengan ujung mengecil atau meruncing, sehingga cocok sebagai celana semi-formal dan kasual.

Celana chino terdiri dari tiga jenis yaitu :

  • Straight fit,
  • Slim fit and skinny,
  • Boot cut.

Jenis celana chino straight fit, memiliki lebar lingkar paha dan betis yang hampir sama, sehingga cocok bila digunakan untuk bekerja maupun acara formal. Celana chino jenis slim fit and skinny, memiliki bentuk lingkar yang hampir ketat dan biasanya dikenakan untuk acara santai yang mendukung penampilan kasual. Sedangkan celana chino jenis boot cut memiliki potongan melebar di bagian bawah, sehingga memungkinkan leher sepatu bisa masuk ke dalamnya.

Jenis Celana Jeans

Celana Jeans

source: lifehack.org

Celana jeans adalah sebuah celana yang terbuat dari bahan denim ataupun kain dungaree. Nama jeans menurut penelitian muncul dari kota Genoa, Italia dan Kota Nimes, Perancis. Asal usul kata jeans, kemungkinan berasal dari “Gênes”, kata Perancis untuk Genoa. Di Kota Nimes, penenun mencoba untuk mereproduksi jeans, akan tetapi malah mengembangkan kain twill yang mirip dan akhirnya dikenal sebagai denim, berasal dari kata “de Nimes”, yang berarti dari Nimes.

Seringkali istilah jeans mengacu pada gaya celana tertentu yang disebut “blue jeans“. Jenis celana jeans diciptakan oleh Jacob W. Davis dalam kemitraannya bersama Levi Strauss & Co pada tahun 1871 dan kemudian dipatenkan oleh Jacob W. Davis dan Levi Strauss pada tanggal 20 Mei 1873.

Jenis celana jeans awalnya dirancang untuk koboi dan penambang, lalu kemudian menjadi populer pada tahun 1950-an di kalangan remaja, khususnya anggota subkultur greaser (subkultur anak muda kelas pekerja). Celana jeans pria memiliki model yang beragam demikian pula untuk jenis celana jeans wanita. Celana jeans sangat cocok untuk mendukung penampilan semi-formal, kasual dan acara-acara santai.

Jenis Celana Corduroy

Celana Corduroy

source: lookastic.com

Celana corduroy adalah sebuah celana yang terbuat dari bahan corduroy (kain tekstil yang terdiri dari serat yang dipuntir, terbuat dari kain kapas tebal yang memiliki tekstur yang halus. Serat tersebut ditenun sejajar mirip dengan twill membentuk pola kain seperti tali).

Ciri khas kain corduroy adalah seperti terbuat dari beberapa tali yang diletakan sejajar, kemudian dijahit bersama-sama, karena pada dasarnya berbentuk seperti gerigi dari beludru. Kain corduroy berukuran wale lebar lah yang biasanya digunakan untuk membuat celana corduroy.

Jenis celana corduroy sangat cocok digunakan untuk mendukung penampilan kasual dan acara-acara santai. Namun, dapat pula digunakan untuk acara yang bersifat semi-formal.

Jenis Celana Kargo

Celana Kargo

source: mynewplaidpants.com

Celana kargo atau cargo adalah sebuah celana longgar celana yang pada awalnya dirancang untuk kegiatan di luar ruangan yang memiliki daya tahan yang kuat dan memiliki banyak kantong. Jenis celana kargo ini awal mulanya dibuat untuk keperluan celana perang militer.

Celana kargo menjadi populer di masyarakat, karena memiliki banyak kantong yang nyaman untuk membawa barang-barang selama berjalan kaki. Jenis kargo lebih cocok digunakan untuk mendukung penampilan kasual.

Jenis Celana Drawsting

Celana Drawsting

source: dhgate.com

Celana drawsting adalah sebuah celana longgar, biasanya berbahan katun tebal yang memiliki karet elastis di sekitar pinggang dan tali pengikat di depan. Jenis celana drawsting merupakan sebuah pilihan untuk dipakai pada kegiatan-kegiatan santai.

Celana Jogger

Celana Jogger

source: dhgate.com

Celana jogger adalah sebuah celana yang memiliki lebar lingkar mengecil pada ujung bawahnya dan terdapat karet pada opening leg-nya. Jenis celana jogger termasuk ke dalam “streat wear” dan sangat cocok untuk mendukung penampilan kasual.

Jenis Celana Cutbray

Celana Cutbray

souce: pinterset.com

Celana Cutbray adalah celana yang memiliki ukuran melebar dari lutut ke bawah. Jenis celana cutbray populer pada tahun 1970-an, yang sering dikenakan oleh laki-laki untuk menghadiri pesta disko bertema retro, dipakai dalam band-band kebangkitan retro, dan dipakai saat clubbing.

Demikianlah ulasan mengenai jenis celana pria. Semoga bisa menjadi bahan referensi anda.
Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.