Ukuran Sablon Kaos

Ukuran Sablon Kaos

Galerikonveksi51.com – Ukuran sablon kaos adalah salah satu faktor penting jika ingin membuat kaos bergambar baik di tempatkan pada bagian depan ataupun belakang. Penempatannya dengan ukuran yang pas bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya desain sablon kaos tersebut. Apalagi bila kita ingin membuat kaos sablon costum dengan desain sendiri, tentunya kita harus mengetahui berapa ukuran sablon yang cocok dengan desain yang kita buat.

Biasanya ukuran sablon kaos harus menyesuaikan dengan size kaos agar terlihat menarik. Oleh karena itu perlu diperhatikan kira-kira berapa ukuran sablon yang cocok sehingga gambar desain tersebut terlihat menarik dan pas bila diaplikasikan di kaos yang akan kita buat.

Dengan mengukur lebar dan panjang terluar dari gambar desain yang kita buat, maka kita bisa mengetahui besaran gambar desain sablon. Hal ini diperuntukkan untuk mengetahui ukuran sablon yang kita buat, mana yang paling mendekati dengan standar ukuran sablon di konveksi kaos. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui informasi mengenai ukuran standar sablon di konveksi kaos.

Beberapa Pilihan Ukuran Sablon Kaos Standar di Konveksi

Ada beberapa pilihan standar panduan di konveksi untuk memilih ukuran sablon kaos yang sering digunakan di dunia persablonan terutama pada kaos:

Ukuran Sablon A2

Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 42 cm X 59,4 cm. Ukuran A2 ini adalah size paling besar untuk sablon kaos. Biasanya ukuran ini dipilih bila kita ingin mencetak full gambar pada kaos.

Ukuran Sablon A3

Ukuran Sablon A3
Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 29,7 cm x 42 cm. Ukuran A3 ini biasanya digunakan untuk desain sablon berukuran sedang (tidak terlalu besar dan terlalu kecil). Ukuran ini termasuk ke dalam salah satu pilihan ukuran sablon yang paling sering digunakan pada sablon kaos.

Ukuran Sablon A4

Ukuran Sablon A4
Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 21 cm x 29,7 cm. Ukuran ini tidak terlalu besar dan cocok dijadikan pilihan apabila penempatan desain sablon berada pada bagian depan kaos. Ukuran sablon ini pun menjadi salah satu pilihan ukuran yang sering digunakan pada sablon kaos.
Ukuran Sablon A4 Horizontal

Ukuran Sablon A5

Ukuran Sablon A5
Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 21 cm x 14,8 cm. Ukuran sablon ini termasuk relatif kecil, sehingga biasanya ditempatkan pada bagian depan kaos yaitu pada bagian tengah, kanan atau kiri dada, kanan atau kiri bawah dan juga pada bagian belakang kaos di punggung atas.

Ukuran Sablon A6

Ukuran Sablon A6
Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 14,8 cm x 10,5 cm. Ukurannya terbilang kecil dan biasanya sering digunakan untuk gambar yang sederhana, juga penempatannya lebih fleksibel mengingat ukurannya yang kecil.

Ukuran Sablon A7

Ukuran Sablon A7
Sablon ini menggunakan ukuran dengan lebar dan panjang 7,4 cm x 10,5 cm. Karena ukurannya yang sangat kecil, biasanya sering digunakan untuk desain logo. Serta untuk penempatannya pun sangat fleksibel, bisa dimanapun mengikuti desain kaos yang akan dibuat.

Hal-Hal Penting Untuk Diperhatikan Sebelum Membuat Kaos Sablon

Selain menentukan ukuran sablon untuk kaos, ada beberapa hal penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum membuat kaos. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa dijadikan sebagai referensi pertimbangan dalam memproduksi kaos sablon.

Harga Sablon

Ukuran sablon tidak dipungkiri sangat mempengaruhi penambahan harga pembuatan kaos. Semakin besar ukuran gambar desain sablon, maka harganya pun akan semakin mahal, hal ini dikarenakan dari banyaknya penggunaan cat tinta sablon yang mengakibatkan cost of production kaos juga bertambah.

Resolusi Gambar

Resolusi gambar/desain yang tinggi menjadi hal penting, apalagi bila ingin membuat gambar sablon dengan ukuran besar karena akan berpengaruh terhadap kualitas hasil sablon itu sendiri. Semakin besar ukuran sablon yang dipilih, maka resolusi gambar yang tinggi diperlukan agar gambar desain tidak pecah sehingga terlihat detailnya.

Pemilihan Jenis Sablon

Agar desain gambar sablon yang akan diterapkan pada kaos sesuai dengan yang kita inginkan, maka pemilihan jenis tinta cat sablon sangat penting. Ada beberapa pilihan yang bisa anda baca pada halaman Jenis Jenis Sablon.

Pembuatan Sampel Kaos

Sebelum memproduksi pakaian secara masal, biasanya di beberapa konveksi tersedia fasilitas untuk membuat sampel. Tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan dari konveksi itu sendiri agar bisa membuat sampel. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil produksi kaos yang telah diberi sablon, apakah sudah sesuai sehingga bisa perlu bisa melakukan revisi sebelum diproduksi secara masal.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran sablon kaos. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Untuk informasi seputar kaos yang lainnya bisa juga membaca mengenai Jenis Bahan Kaos. Untuk Anda yang ingin membutuhkan jasa pembuatan kaos sablon silahkan untuk mengunjungi Konveksi Kaos.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *