Fungsi Pakaian Bagi Manusia

Fungsi Pakaian

Galerikonveksi51.com – Fungsi pakaian tidak terlepas dari kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup manusia sehari-hari. Manfaat yang didapatkan oleh manusia dari berbagai fungsi pakaian ini, menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan pokok sandang.

Selain sebagai penutup dan pelindung tubuh, fungsi pakaian telah mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan jaman. Namun sehebat apapun jaman berubah, keberadaan pakaian sebagai kebutuhan pokok manusia tidak akan pernah tergantikan.

Berikut ini mari kita simak 10 fungsi pakaian bagi kehidupan manusia.

Fungsi Pakaian

Fungsi Pakaian Sebagai Penutup Tubuh

Sudah menjadi fitrahnya bahwa manusia memiliki rasa malu untuk menampakkan anggota tubuhnya yang paling intim. Oleh karena itu manusia membutuhkan sesuatu yang dipakai untuk menutup anggota tubuhnya yang dikenal sebagai pakaian. Seiring perkembangan mode dan budaya, fungsi pakaian sebagai penutup tubuh kini telah bergeser dimana manusia lebih mengutamakan penampilannya daripada menutup anggota tubuhnya.

Fungsi Pakaian Untuk Melindungi Tubuh

Pakaian digunakan manusia untuk melindungi tubuhnya dari berbagai macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya. Pakaian dapat melindungi tubuh dari gesekan kulit dengan benda lain, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran dan debu serta hal-hal lainnya.

Tubuh manusia yang tidak tertutup oleh pakaian akan mudah sekali untuk kotor, dimana virus atau bakteri akan dengan sangat mudah hinggap di tubuh yang kotor. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan tubuh, pakaian yang digunakan haruslah disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar agar dapat menjaga tubuh tetap bersih.

Fungsi Pakaian Sebagai Identitas Diri

Dengan hadirnya berbagai macam jenis pakaian yang ada sekarang ini, manusia bisa memilih model pakaian yang akan dikenakannya. Secara psikologis biasanya seseorang cenderung untuk memakai pakaian yang cocok dan nyaman untuk menginterpretasikan dirinya, sehingga pada akhirnya akan memunculkan suatu identitas yang mudah dikenali oleh orang lain.

Fungsi Pakaian Sebagai Perhiasan

Manusia cenderung untuk menyukai keindahan, oleh karena itu biasanya manusia berlomba-lomba untuk memiliki penampilan yang menarik. Penggunaan pakaian yang bagus dan tepat akan meningkatkan daya tarik serta kepercayaan diri bagi seseorang.

Fungsi Pakaian Sebagai Status Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia memiliki keinginan untuk merasa lebih baik dari manusia yang lainnya. Hal ini mengakibatkan paradigma di masyarakat, bahwa seseorang yang memiliki kelebihan akan memiliki status sosial yang lebih tinggi dari seseorang lainnya. Sehingga pakaian pun menjadi salah satu faktor ukuran status sosial tersebut.

Dengan memiliki pakaian terbaik seseorang akan dianggap memiliki status yang lebih tinggi di lingkungannya. Contohnya seperti pakaian yang digunakan dalam budaya aristokrat, dimana anggota keluarga kerajaan akan memiliki pakaian yang berbeda dengan masyarakatnya.

Fungsi Pakaian Sebagai Simbol Budaya

Seperti yang kita ketahui manusia tersebar di berbagai belahan penjuru dunia, dengan perbedaan letak geografis, iklim, bahasa, adat istiadat dan kebiasaan yang mengakibatkan munculnya keragaman budaya. Hal tersebut mempengaruhi cara manusia untuk berpakaian, sehingga muncul perbedaan pakaian yang menjadi ciri khas budaya tersebut. Contohnya dapat kita temui pada pakaian adat dari berbagai macam ras ataupun suku di Indonesia.

Fungsi Pakaian Sebagai Baju Profesi

Dengan berkembangnya berbagai jenis pekerjaan manusia, mengakibatkan ikut bermunculannya peralatan-peralatan pendukung untuk memudahkan pekerjaannya. Salah satunya adalah pakaian, dimana manusia dari jaman dahulu telah mengembangkan model pakaian untuk membantu pekerjaannya. Contohnya bisa kita lihat pada baju besi yang digunakan untuk berperang. Sekarang ini semakin banyak pakaian yang dibuat khusus untuk profesi, seperti baju dokter, baju toga pengacara, baju wearpack, pakaian selam dan lain-lainnya.

Fungsi Pakaian Sebagai Fashion

Perkembangan jaman mengakibatkan fungsi pakaian berevolusi dari kebutuhan dasarnya menjadi sebuah fashion. Dimana sekarang ini banyak fashion desainer bermunculan yang saling berlomba mengeluarkan ide untuk membuat model pakaian fashionable. Sehingga kebanyakan orang sekarang ini lebih mengutamakan mengejar pakaian up-to-date agar memiliki penampilan yang modis.

Fungsi Pakaian Sebagai Simbol Agama

Dapat kita temui di beberapa negara, pemeluk agama tertentu dapat dibedakan dari cara mereka berpakaian. Terlepas dari fungsinya pakaian agama biasanya memiliki ciri khas identik yang bisa dibedakan dengan pemeluk agama lainnya. Pakaian ini biasanya merupakan pakaian spesial yang dipakai hanya selama acara upacara keagamaan. Namun, pakaian ini juga banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari sebagai penanda status agama khusus.

Fungsi Pakaian Sebagai Status Gender

Pakaian untuk pria dan wanita dalam kebanyakan budaya memiliki perbedaan yang tegas. Secara fitrahnya pria dan wanita memiliki keadaan fisik yang berbeda. Hal inilah yang mengakibatkan munculnya perbedaan jenis pakaian bagi pria dan wanita.

Pakaian pria terkadang lebih praktis dibandingkan pakaian perempuan, dikarenakan seringkali bisa digunakan dalam berbagai macam fungsi dan situasi. Berbeda halnya dengan pakaian wanita, dimana sering lebih kompleks dikarenakan bentuk modelnya daripada pakaian pria.

Seiring bergesernya budaya, banyak jenis pakaian pria yang lazim digunakan oleh wanita, seperti celana panjang, t-shirt. Biasanya wanita lebih leluasa untuk menggunakan pakaian pria. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk pria, karena dalam banyak budaya seringkali pakaian wanita tidak lazim untuk digunakan oleh pria.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi pakaian. Semoga artikel fungsi pakaian bagi manusia ini bisa menjadi bahan referensi untuk Anda.
Semoga bermanfaat.

Referensi :
-The Comfort and Function of Clothing by Lyman Fourt and Norman R.S. Hollies.
-Clothing – Wikipedia.
-The Development and Function of Clothing by Knight Dunlap.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *