Jenis Kain Celana

Jenis Kain Celana

Galerikonveksi51.com – Kadang kita suka bingung untuk memillih jenis kain celana dengan bahan yang bagus dan sesuai kalau mau membuat celana sendiri. Belum lagi mencari penjahitnya, syukur-syukur kalau sudah punya langganan yang cocok. Untuk urusan model celana, cara paling gampang sih liat model celana yang sudah jadi, terus tiru deh lengkap dengan jenis kain celananya.

Nah masalahnya lain, kalau kita dipercaya menjadi panitia urusan kostum atau wardrobe untuk membuat celana, misalnya untuk acara keluarga, nikahan, komunitas, kantor ataupun di EO (Event Organizer) atau WO (Wedding Organizer). Kita punya tanggung jawab untuk membuat celana dengan model dan bahan kain sesuai permintaan.

Oleh karena itu, yuk kita bahas jenis kain celana dengan bahan bagus yang sering digunakan untuk berbagai aktivitas.

Jenis Kain Celana

Kain Katun

Jenis Kain Celana Katun

source: grace-coll.com

Kain katun merupakan jenis bahan rajut (knitting) yang terbuat dari berbahan dasar serat kapas. Kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut saat dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, sedikit kaku namun terasa dingin dan menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan.

Celana bahan katun sering digunakan untuk jenis kain celana formal pria dan wanita, seperti celana kerja kantoran ataupun untuk acara-acara semi formal. Jenis kain celana berbahan katun bisa digunakan untuk suasana santai yang mendukung penampilan casual, seperti celana khaki, drawsting, legging untuk wanita.

Kain Thai Silk

Jenis Kain Celana Thai Silk

source: prelo.co.id

Kain thai silk merupakan jenis bahan yang memiliki karakteristik mengkilat, tipis, ringan, lembut dan tidak kaku sehingga nyaman dipakai dan berkesan mewah. Jenis kain ini tersedia dalam berbagai pilihan warnanya seperti hitam, putih, coklat, merah maroon, dan lain sebagainya. Jenis kain thai silk merupakan bahan sejenis sutera.

Celana bahan thai silk mendukung penampilan terlihat mewah dan cocok digunakan untuk acara-acara formal maupun semi formal yang sering digunakan sebagai jenis kain untuk celana panjang wanita dan pria. Jenis kain celana thai silk cocok untuk digunakan sebagai celana kerja, dipakai untuk meeting dengan rekan bisnis serta bisa dibuat semacam celana kulot juga.

Kain Polyester

Jenis Kain Celana Polyester

source: jcpenney.com

Jenis kain polyester merupakan bahan yang ringan dan mudah untuk menyerap keringat. Selain itu bahan polyester cepat kering jika terkena basah dan juga harganya relatif murah. Jenis kain celana bahan polyester bisa dijadikan berbagai macam celana seperti celana formal, casual, sport ataupun kulot.

Kain Drill

Jenis Kain Celana Drill

source: tokohargaterbaik.info

Jenis kain drill adalah bahan yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. Jenis kain celana bahan drill nyaman sekali dipakai dan memeiliki koleksi warna yang terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bahannya terasa tebal, kuat, agak kaku dan tidak elastis.

Jenis kain celana bahan drill ini sering digunakan untuk acara formal, semi formal maupun casual. seperti celana kerja, celana PNS, celana wearpack atau seragam bengkel, celana tactical / outdoor, celana kargo dan bisa juga untuk celana kulot.

Kain Kanvas

Jenis Kain Celana Kanvas

source: bluemaize.net

Kain kanvas memiliki tekstur bahan yang tebal dan berat, sehingga biasanya agak gerah ketika digunakan. Celana bahan kanvas sering digunakan untuk celana panjang maupun pendek yang mendukung penampilan casual seperti chino ataupun aktivitas outdoor, seperti celana tactical, cargo, karena jenis kain celana ini dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya.

Kain Ripstop

Jenis Kain Celana Ripstop

source: grosircelanaoutdoor.blogspot.com

Kain Ripstop adalah jenis kain yang memiliki tekstur kotak-kotak yang terbuat dari tenunan benang nilon yang diperkuat secara khusus dengan selingan tenunan benang yang berukuran lebih besar. Material yang digunakan untuk membuat kain ripstop diantaranya berupa kapas, sutra, polyester, dan polypropylene, serta nilon dengan konten terbatas pada benang yang membuatnya tahan air. Kain Ripstop bersifat kedap air, kedap udara serta fire-resistant sehingga menjadikannya kokoh dan tidak mudah terbakar.

Jenis kain celana bahan ripstop sangat cocok digunakan untuk membuat celana-celana lapangan atau outdoor, seperti celana tactical, celana cargo atau celana wearpack.

Kain Denim

Jenis Kain Celana Denim

source: quicksilver.co.id

Kain denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas atau populer disebut katun twill. Kain ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar yang ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu. Teksturnya menyerupai karpet namun lebih tipis, halus dan bahan ini tidak mudah kering.

Celana bahan denim lebih cocok dipakai untuk suasana santai yang tidak terlalu formal (semi formal), bisa digunakan untuk celana kulot. Jenis kain celana dengan bahan denim ini merupakan bahan celana yang paling banyak digunakan karena sangat fleksibel untuk dipadu-padankan dengan bebagai macam baju atasan.

Kain Corduroy

Jenis Kain Celana Corduroy

source : shape.com

Kain corduroy memiliki tekstur khas permukaan kain yang bergaris-garis dan tebal. Jenis kain celana corduroy bisa mempertahankan bentuknya setelah dicuci sehingga bisa langsung dipakai tanpa perlu di setrika lebih dahulu, akan tetapi bahan ini seratnya cepat rusak jika dicuci berulang kali.

Kain Spandek

Jenis Kain Celana Spandek

source : bodybuildingkit.com

Kain spandek merupakan bahan dengan tekstur halus dengan ciri khas memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Jenis kain spandek biasanya lebih tipis tetapi lebih kuat, tahan lama (awet) dan lebih nyaman untuk dikenakan jika dibandingkan dengan kain katun biasa. Bahan spandek dapat dikategorikan kedalam serat sintetis yang tidak bisa berdiri sendiri menjadi bahan atau kain, melainkan harus digabungkan dengan serat sintetis lain seperti polyester maupun dengan serat alam.

Jenis kain celana dengan bahan spandek akan terasa dingin di kulit, mudah menyerap keringat, elastis dan juga awet untuk dipakai. Celana bahan spandek sering digunakan untuk celana olahraga.

Kain Jersey

Jenis Kain Celana Jersey

source: gucci.com

Kain jersey merupakan bahan tekstil rajutan yang terbuat dari full katun atau katun dan campuran serat sintetis. Jenis kain jersey memiliki karakteristik yang lebih tebal dari spandek, tidak berbulu, elastis, halus, lembut dan dingin sehingga sangat nyaman bila digunakan. Kain jersey memiliki harga yang relatif lebih mahal dari spandek. Jenis kain celana bahan jersey banyak digunakan untuk membuat seragam sepak bola.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis kain celana. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *