Jenis Jenis Kain Seragam

Jenis Jenis Kain Seragam

Galerikonveksi51.com – Jenis Kain Seragam memiliki banyak sekali pilihan dikarenakan baju seragam sendiri memiliki jenis model yang sangat bervariasi. Contoh dari variasi model seragam seperti Seragam Sekolah, Kerja atau Kantor, Pramuka, Dinas Pemerintahan ( PNS ) dan masih banyak yang lainnya. Untuk satu model seragam bisa terdiri dari berbagai jenis kain seragam mengikuti dari kualitas bahan dan fungsinya. Sebelum kita membahas jenis jenis kain seragam mari kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari seragam.

Pengertian Seragam

Seragam adalah seperangkat pakaian standar yang hanya khusus dikenakan oleh anggota suatu organisasi sewaktu berpartisipasi dalam aktivitas organisasi tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas jenis jenis kain seragam yang biasa digunakan oleh GaleriKonveksi51 sebagai pilihan bahan kain yang disediakan untuk costumer. Jenis kain seragam yang akan diulas adalah jenis bahan yang sering diminta oleh sebagian besar customer. Kita tidak akan membahas mengenai jenis kain seragam menurut kategori model seragam tertentu, dikarenakan untuk baju seragam sendiri pilihan bahannya sangat banyak dan biasanya pilihan bahan tersebut ditentukan oleh pemesan baju seragam.

Jenis Jenis Kain Seragam

Untuk pilihan jenis jenis kain seragam biasanya terdiri dari :

– Kain Drill :

  • American Drill (#1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill, Verlando, Ventura),
  • Japan Drill (2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu, Nagata Drill, Verlando Japan, Taipan Drill).

– High Twist (Intercooler),
– Taipan Tropical,
– Oxford,
– Kanvas, Baby Canvas,
– Wool / Lightweight Wool,
– Dolby,
– Kain untuk Seragam Batik :

  • Katun ( Prima, Primisima, Polisima ),
  • Dobby.

Pengertian Dari Jenis Bahan Kain Seragam

 

Jenis Kain American Drill

Kain American Drill adalah jenis Kain Drill yang memiliki serat sedang. Kain ini memiliki karakteristik dengan permukaan kain yang lembut dan tekstur yang halus. Jenis bahan Kain American Drill terbuat dari bahan katun dan polyester, serta dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman saat digunakan.

Jenis Kain Japan Drill

Kain Japan Drill adalah jenis Kain Drill yang memiliki serat besar. Jenis kain ini memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis Kain Drill lainnya. Jenis Kain Japan Drill merupakan kain yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya direkomendasikan untuk jenis seragam lapangan.

Jenis Kain Nagata Drill

Kain Nagata Drill adalah jenis kain yang termasuk ke dalam kategori Kain Japan Drill. Kain ini merupakan jenis Kain Japan Drill yang paling disukai karena memiliki komposisi bahan katun lebih banyak dan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan Kain Japan Drill lainnya yang memiliki lebih banyak kandungan polyesternya.

Jenis Kain Taipan Drill

Kain Taipan Drill adalah jenis Kain Drill yang terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron. Jenis kain ini memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah kusut serta memiliki permukaan yang halus. Seperti jenis Kain Drill lainnya, kain Taipan Drill juga dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman untuk digunakan. Jenis kain ini biasanya banyak dipergunakan untuk bahan membuat baju seragam pemerintahan ( PNS ) dengan warna yang umum digunakan adalah Cokelat Khaki.

Jenis Kain High Twist

Kain High Twist adalah jenis bahan yang terlihat mengkilap dan rapih, biasanya digunakan untuk bahan pembuatan jaket, jas, semi jas, blazer dan celana. Namun bahan ini sedikit panas dikarenakan mengandung bahan sintetis. Kain High Twist terdiri dari berbagai nama, merek dan kualitas. GaleriKonveksi51 sendiri sering menggunakan merek Intercooler. Untuk pilihan lainnya seperti Maxi Style, Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Staff, Serasi dan lainnya.

Jenis Kain Oxford

Kain Oxford memiliki spesifikasi bahan yang teksturnya rata tidak seperti Kain Drill. Jalinan benang-benang pintalan kainnya terdiri dari semacam jalinan titik-titik seperti pixel dalam resolusi gambar. Secara umum lebih tipis dari Kain Drill. Semakin banyak komposisi bahan cottonnya seperti pada Kain Japan Tropical, maka semakin nyaman dipakai. Kain Oxford ini biasanya digunakan untuk Seragam Sekolah.

Beberapa merek bahan Oxford/ Tropical antara lain :

  1. Taipan Topical
  2. Maryland
  3. Sari Warna

Jenis Kain Taipan Tropical

Kain Taipan Tropical adalah bahan yang merupakan campuran komposisi polyester dan cotton, dengan perbandingan lebih besar kandungan cotton, sehingga bila dipakai tetap dingin. Jenis kain untuk seragam ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dan bahannya lebih halus. Kain Tropical biasanya digunakan untuk seragam kerja.

Berbagai macam merek bahan Tropical :
Taipan Tropical, Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop, dsb.

Biasanya GaleriKonveksi51 sering menggunakan merek bahan kain Taipan Tropical dikarenakan memiliki kualitas yang paling baik, kainnya lebih lembut juga memiliki lebih dari 150 warna serta banyak perusahaan besar yang menggunakan bahan ini untuk seragam para karyawannya.

Jenis Kain Kanvas

Kain Kanvas adalah bahan yang memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya dipergunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal. Untuk di pasaran jenis kain kanvas yang cukup tebal tapi masih nyaman dipakai sebagai pakaian adalah kanvas marsoto, kanvas oxford. Ketebalan kain menentukan penggunaannya apakah untuk kemeja ataupun jaket. Tersedia juga jenis kain kanvas ribstop dengan variasi guratan kotak kotak di permukaannya. sering di gunakan untuk kemeja-kemeja army karena nampak kuat dan kokoh untuk kemeja lapangan.

Jenis Kain Wool

Kain Wool memiliki bahan yang dapat menyerap air. Jenis kain ini berbahan tebal sehingga jika terkena noda akan lebih sulit untuk dibersihkan dan akan menyusut jika cara pencucian dan pengeringannya tidak benar. Jenis lain dari Bahan Wool adalah Lightweight Wool. Sesuai dengan namanya kain wol ini tergolong ringan dan bisa dipadukan dengan apa saja. Bila dikenakan bahan ini akan terlihat “eye catching” dan memiliki kelebihan sangat awet.

Kelebihan jenis kain wool :

  • Sangat tebal dan kuat,
  • Daya serap keringat yang tinggi.

Kekurangan jenis kain wool :

  • Bahan lebih terasa panas di kulit,
  • Noda sangat sulit dibersihkan karena serat yang tebal.

Jenis Kain Dolby

Kain Dolby adalah jenis bahan yang terdiri dari 100% katun dan mengandung satin, sehingga nampak berkilau dan mewah. Memiliki karakteristik tebal, tidak berbulu, halus dan tidak panas. Bahan kain ini hanya memiliki motif garis atau kotak. Jenis Kain Dolby banyak digunakan sebagai seragam hotel berbintang.

Jenis Kain Seragam Untuk Kemeja Batik

 

Jenis Kain Katun

Kain Katun merupakan kain yang paling umum digunakan untuk membuat kemeja seragam batik. Kain katun memiliki beberapa tingkatan atau grade. Kain katun yang biasa digunakan, yaitu Prima, Primisima dan Polisima. Bila kita bandingkan tingkatannya, maka Kain Katun Primisima memiliki bahan yang lebih bagus dari Katun Prima, sedangkan Kain Katun Polisima adalah yang paling bagus diantara keduanya. Karakteristik dari masing-masing kain katun tersebut pun, memiliki beberapa tingkatan berdasarkan kasar atau halus, tipis dan tebal. Semua karakteristiknya tergantung dari campuran serat kapas yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut.

Kain Katun Prima adalah jenis kain yang terbuat dari bahan kapas. Karena sifatnya yang mudah menyerap bahan pewarna alami maupun kimia, kain jenis ini cocok dipakai sebagai bahan dasar pembuatan batik tulis.

Kain Katun Primisima atau sering juga disebut Kain Primis adalah kain katun yang umumnya lebih tebal dengan serat lebih besar dibanding katun prima. Yang paling banyak dipakai sebagai bahan pembuatan batik tulis adalah kain katun primis. Kain batik dengan bahan dasar katun primis biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan dasar katun lainnya.

Jenis Kain Dobby

Kain Dobby adalah jenis bahan yang terbuat dari campuran kapas dan polyster. Campuran bahan alami dan sintetis ini menghasilkan kain katun yang terlihat memiliki motif serat kotak-kotak atau garis-garis dan terkadang abstrak. Jenis Kain Dobby ini merupakan kain bermotif yang dihasilkan dari proses tenun, teknik tenun dobby ini pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1840. Motif pada kain dobby memiliki pola geometris dan beberapa motif yang terkenal adalah Herringbone, Dobby Baron, Dobby Crystal, Dobby Salur dan Dobby Kotak-kotak.

Berikut penjelasan singkat mengenai jenis jenis kain seragam yang sering digunakan oleh GaleriKonveksi51 untuk pembuatan baju seragam. Untuk jasa pembuatan seragam sendiri bisa dilihat di Konveksi Seragam GaleriKonveksi51. Bila ada informasi lain yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi kami melalui media komunikasi yang disediakan atau pada kolom komentar.
Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *