Jenis Kain Tote Bag

Jenis Kain Tote Bag
Galerikonveksi51.com – Jenis kain tote bag yang banyak digunakan untuk membuat tas jinjing ini, biasanya adalah bahan kanvas. Pilihan karakteristik bahan dan spesifikasi model akan menentukan jenis kain tote bag yang akan digunakan. Karena pemilihan jenis kain tote bag ini akan mempengaruhi murah atau mahalnya ongkos produksi tote bag.

Pengertian Tote Bag adalah sebuah tas besar terbuka biasanya tanpa resleting atau penutup dan memiliki tali pegangan sejajar yang muncul dari kedua sisi kantong nya. Tote bag dikenal juga dengan istilah goody bag.

Jenis Kain Tote Bag

Jenis kain untuk membuat tote bag memiliki pola dasar yang terbuat dari bahan yang kokoh, bisa dengan kulit tebal pada bagian gagang atau bawah tas. Jenis kain tote bag yang dilapisi kulit biasanya memiliki tekstur permukaan berkerikil. Untuk jenis kain tote bag yang umum digunakan seperti bahan kanvas, biasanya dicelup atau diproses sedemikian rupa agar tahan dari cuaca lembab dan jamur.

Bahan Rami adalah pilihan jenis kain tote bag lainnya yang dapat digunakan, meskipun kurang populer. Dalam beberapa dekade terakhir, bahan nilon dan sintetis menjadi umum digunakan, meskipun bahan ini tidak tahan lama bila sering terkena sinar matahari. Sekarang ini banyak jenis kain untuk membuat tote bag terbuat dari bahan daur ulang, seperti dari serat alami yang diproses sederhana atau dari bahan yang diproduksi untuk menggantikan bahan alami. Contohnya adalah pada tote bag murah atau yang dibagikan secara gratis.

Berikut adalah jenis kain tote bag yang banyak digunakan.

Kain Spunbond

Jenis kain spunbond adalah bahan yang terbuat dari serat panjang dan diolah dengan menggunakan campuran kimia dan cat pelarut yang dipanaskan. Bahan spunbond kualitasnya tidak lebih kuat bila dibandingkan dengan bahan blacu atau kanvas. Namun tote bag berbahan spunbond ini bisa digunakan sebagai pengganti tas plastik yang lebih hemat dan kuat. Tote bag dengan bahan spunbond biasanya dikenal dengan istilah tas furing.
Tote Bag Bahan Spunbond

source: greenbagwholesale.com

Kain Blacu

Jenis kain blacu adalah bahan dasar dari kain mori yang belum diputihkan dan biasanya berwarna putih gading atau keabu-abuan. Bahan dasar kain blacu adalah kapas sehingga sangat fleksibel. Kain blacu memiliki tekstur yang tipis dan sedikit kasar, namun bila digunakan untuk tote bag akan lebih kuat dari bahan spunbond dan harganya termasuk murah.
Tote Bag Bahan Blacu

source: banggood.com

Kain Kanvas

Jenis kain kanvas untuk tote bag ini berasal dari bahan mori yang sudah mengalami proses pemutihan. Memiliki tekstur yang lebih halus, tebal dan tidak kaku bila dibandingkan bahan blacu. Kain kanvas merupakan rekomendasi bahan yang bagus dan nyaman untuk membuat tote bag.
Tote Bag Bahan Kanvas

source: paisleymagic.storenvy.com

Kain Drill

Jenis kain drill adalah bahan yang memiliki serat dengan garis-garis miring nge-drill. Jenis Kain Drill umumnya merupakan campuran antara bahan cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal. Tote bag yang terbuat dari bahan drill, akan membuat tampilannya tidak mudah kusut, kuat dan tidak mudah pudar. Selain itu akan tampak elegan karena karakteristik drill ini memiliki permukaan bahan yang berbeda pada bagian depan dan bagian belakangnya.
Tote Bag Bahan Drill

source: totebagfactory.com

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis kain tote bag. Semoga dapat menjadi bahan referensi anda untuk membuat tote bag.
Semoga bermanfaat.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *